VIDEO: Noviana, Mantan Pengamen Jadi Wisudawan Terbaik di Unair Surabaya

Oleh Agustina Melani pada 13 Sep 2019, 17:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Informasi berikut bisa menjadi inspirasi semangat pantang menyerah dalam menempuh cita-cita. Ya, berkat kegigihannya menuntut ilmu meski dengan keterbatasan ekonomi, seorang gadis yang menjadi pengamen sejak anak-anak, kini menjadi salah satu wisudawan dari kampus ternama di Surabaya, Jawa Timur.

Bahkan prestasinya sangat mengagumkan, wisudawan terbaik di Fakultas Hukum Universitas Airlangga Surabaya dengan predikat cumlaude, meraih nilai IPK 3,94.

Lahir dari keluarga tidak mampu mendorong Noviana harus banting tulang membantu ekonomi keluarga dengan mengamen yang dia jalani sejak taman kanak-kanak. Bagi Noviana (24), warga Pumpungan Surabaya, percaya, bila mau bekerja keras pasti Tuhan memberikan jalan. Terbukti, ia berhasil lulus kuliah cumlaude dan menjadi wisudawan terbaik S1, Fakultas Hukum Universitas Airlangga, pada Jumat pekan lalu.

Noviana mengisahkan, sejak kecil dirinya bersama kedua kakaknya setiap hari mengamen di perempatan Ngagel Jaya, Surabaya tak jauh dari rumahnya. Pilihan mengamen bermula ketika kedua orangtua Noviana sakit keras.

Ia bersama dua kakaknya mencoba untuk mengadu nasib di jalanan, untuk membantu perekonomian keluarga. Berbagai risiko kerasnya hidup di jalan raya pun telah mereka alami termasuk diciduk oleh Satpol, karena tertangkap mengamen, seperti dilansir, Fokus, 10 September 2019.

Namun, siapa sangka, kejadian tersebut justru membuka jalan kesuksesannya. Saat dikumpulkan bersama anak jalanan, pengemis dan gelandangan dia didatangi oleh sosok yang kemudian mau memberikan beasiswa sekolah hingga lulus, asalkan Noviana berhenti untuk mengamen, bahkan orang tersebut memberikan pekerjaan pada ayah Novi.

 

Ingin tahu kisahnya? Yuk saksikan videonya