5 Wisata Arung Jeram di Jawa Timur, Siap Menguji Adrenalinmu

Oleh Dyah Mulyaningtyas pada 11 Sep 2019, 16:30 WIB
Diperbarui 11 Sep 2019, 17:17 WIB
5 Wisata Arung Jeram di Jawa Timur, Siap Menguji Adrenalinmu

Liputan6.com, Jakarta Saat berada di Jawa Timur, kamu bukan hanya bisa menjajal wisata kuliner atau bermain-main ke sejumlah spot wisata alam saja. Wilayah yang luas dan unik ini juga menawarkan kegiatan wisata yang memacu adrenalin yaitu rafting atau arung jeram.

Wisata arung jeram memang menjadi salah satu wisata yang paling diminati bagi para pecinta tantangan. Arung jeram dapat dilakukan secara berkelompok.

Menikmati sejuknya suasana alam dan mengarungi derasnya air sungai dengan berbagai rintangan menjadi keseruan tersendiri dari wisata ini. Selain itu arung jeram juga dapat melatih kekompakan dengan teman, keluarga maupun rekan kerja yang kamu ajak berwisata arung jeram.

Bagi kamu yang suka dengan tantangan, tidak ada salahnya mencoba destinasi wisata arung jeram yang berada di beberapa daerah di Jawa Timur. Di sini kamu akan disuguhkan dengan derasnya arus sungai dengan medan yang menantang. Arung jeram sangat cocok untuk melepas penat dari rutinitas.

Berikut 5 wisata arung jeram di Jawa Timur yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (11/9/2019).

2 of 6

1. Karo Rafting Adventure, Banyuwangi

Karo Rafting Adventure Banyuwangi
Karo Karo Rafting Adventure Banyuwangi (Sumber: banyuwangikab.go.id)

Wisata Karo Rafting Adventure Banyuwangi memiliki arus sungai sepanjang kurang lebih 13 kilo meter. Sungai ini melintasi 2 desa dengan jumlah 25 jeram yang terdiri dari jeram ringan, sedang dan besar.

Untuk mengarunginya dibutuhkan waktu kurang lebih selama tiga jam. Di sini kamu akan disuguhkan pemandangan hutan pinus yang menjadi daya tarik tersendiri. Lokasinya berada di bawah kaki gunung raung tepatnya di Desa Sumber Bulu Songgon, Banyuwangi.

Akses jalan untuk menuju Karo Rafting Adventure cukup mudah karena dapat dilalui kendaraan umum dan terdapat petunjuk arah menuju lokasinya.

3 of 6

2. Bosamba Rafting, Bondowoso

Bosamba Rafting, Bondowoso
Bosamba Rafting, Bondowoso (Sumber: Instagram/@bosamba_rafting)

Bosamba merupakan wisata arung jeram yang bersumber dari enam anak sungai yang berasal dari gunung Putri. Sungai ini memiliki panjang sekitar 12 kilo meter dengan waktu tempuh sekitar dua jam.

Bosamba rafting memiliki keunikan tersendiri yaitu melewati tiga air terjun dan Goa Kelelawar serta batu besar yang disebut dengan batu Titanic oleh warga sekitar karena bentuknya menyerupai bagian depan dari kapal Titanic.

Keunikannya ini dapat menambah keseruan dari Bosamba Rafting. Lokasi arung jeram ini di Desa Taman Krocok, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Bondowoso.

4 of 6

3. Kasembon Rafting, Malang

Kasembon Rafting Malang
Kasembon Rafting Malang (Sumber: malangkab.go.id)

Kasembon Rafting Malang terletak di Desa Bayem, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang. Tempat rafting ini sudah sangat populer di kalangan para rafter.

Wisata arung jeram ini berada di aliran sungai Sumber Dandang. Pemandangan perbukitan hijau di sekitar sungai bisa mengurangi rasa deg-degan kamu saat melakukan rafting di sini.

5 of 6

4. Songa Rafting, Probolinggo

Songa Rafting Probolinggo
Songa Rafting Probolinggo (songadventurecom/Instagram)

Songa rafting atau Songadventure merupakan salah satu wisata arung jeram yang ada di Jawa Timur, tepatnya berada di sungai Pakelan, Desa Ranu Gedang, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Sungai pakelan berasal dari matai air gunung Agropuro dan gunung Lamongan.

Bagi kamu yang sedang berwisata di Gunung Bromo bisa mampir sejenak di Songa Rafting Probolinggo untuk menguji adrenalin. Dijamin pengalaman seru arung jeram di wisata ini tidak akan terlupakan.

6 of 6

5. Rafting Pacet, Mojokerto

Jika kamu ingin melakukan kegiatan arung jeram dengan pemandangan alam yang cantik nan eksotis, pilihlah Rafting Pacet di Mojokerto ini.

Wisata arung jeram ini memiliki arus dan medan yang cukup menantang. Aktivitas rafting di sini akan didampingi oleh guide dan tim penyelamat yang berpengalaman.

Sepanjang perjalanan akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan serta merasakan secara langsung seperti apa jalur rafting yang menantang dan mengesankan.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by