4 Pusat Oleh-Oleh Buatan UKM di Surabaya

Oleh Liputan Enam pada 15 Sep 2019, 08:00 WIB
Asal-usul Nama Jalan Gunungsari Surabaya yang Bakal Diganti Nama Siliwangi

Liputan6.com, Jakarta - Surabaya bisa menjadi salah satu tempat wisata untuk mengisi waktu liburan. Setelah berlibur, rasanya kurang lengkap bila tidak membelikan oleh-oleh untuk orang terdekat.

Di Surabaya, Jawa Timur memiliki berbagai oleh-oleh khas yang bisa diberikan. Mulai dari kain batik, sampai berbagai makanan khas Surabaya dapat menjadi pilihan souvenir untuk dibeli. 

Tak perlu khawatir, ada banyak pusat toko oleh-oleh yang bisa dikunjungi sebelum pulang ke kampung halaman. Produk yang dijual pun beragam sehingga pengunjung memiliki banyak pilihan.

Berikut ini adalah beberapa tempat oleh-oleh Surabaya berdasarkan informasi yang dihimpun Liputan6.com:

1. Sentra UKM Merr

Sentra UKM Merr adalah wadah bagi para usaha kecil dan menengah (UKM) untuk mempromosi produk UKM nya. Di sini, pengunjung akan ditawarkan berbagai produk lokal asli Surabaya yang bisa dibeli.

Mulai dari kain batik, perhiasan, hingga camilan khas Surabaya dapat kita jumpai di Sentra UKM Merr. Bila ingin melihat-lihat, berkunjunglah ke toko ini yang berlokasi di Jalan Dokter Ir. Haji Soekarno Nomor 11, Surabaya.

2. Mirota Batik and Handicraft Surabaya

Sesuai namanya, di sini wisatawan akan melihat berbagai batik yang bisa dibeli untuk buah tangan. Tak hanya itu, bermacam handicraft seperti, pajangan, tas, dan dompet juga dijual di Mirota. 

Berbagai furniture juga tersedia di toko ini. Baik meja, lemari, kursi dan lain-lain bisa kita temukan di sini. Melansir dari akun Facebook resmi Mirota, di sana juga terdapat kafe yang bisa dicicipi kala lapar melanda. Mirota Craft Centre ini buka dari jam 09:00 sampai 21:00. Lokasinya terletak di Jalan Sulawesi nomor 24, Surabaya.

 

2 of 3

Finna Gift Shop

3. Finna Gift Shop

Jika berkeinginan membelikan oleh-oleh berupa makanan, Finna Gift Shop adalah tempat yang tepat. Di sana, pengunjung dapat membeli beragam jenis makanan seperti, kerupuk, sambel uleg, dan keripik pisang.

Terletak di Jalan Raya Darmo nomor 23-25, tempat oleh oleh Finna Gift Shop ini buka setiap hari dari 09:00 hingga 21:00.

4. Wisata Rasa Surabaya

Siapa yang suka ngemil? Wisata Rasa Surabaya cocok sekali bagi wisatawan yang ingin membeli camilan untuk oleh-oleh. Kios ini terletak di Jalan Genteng Besar Nomor 83A, Genteng, Surabaya.

Melansir situs resmi Wisata Rasa Surabaya, toko ini sudah berdiri sejak 2004. Berbagai camilan khas Surabaya seperti kue blinjo dan kue mente dapat ditemui di sini. Tak hanya camilan khas Surabaya, toko ini juga menjual berbagai oleh-oleh khas daerah lain,

Salah satu produk andalan dari toko ini adalah Almond Crispy. Memang, pada 2012, produksi Almond Crispy Cheese di Indonesia pertama kali dipelopori oleh Toko Wisata Rasa.

Kini Almond Crispy Cheese menjadi salah satu oleh-oleh wajib dari Surabaya. Bahkan terdapat slogan yang mengatakan “Belum ke Surabaya kalau belum beli Almond Crispy Cheese”.

(Kezia Priscilla, mahasiswi UMN)

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by