Wajib Dikunjungi, 5 Wisata Alam di Pacitan Ini Suguhkan Pemandangan Menakjubkan

Oleh Dyah Mulyaningtyas pada 10 Sep 2019, 12:55 WIB
Diperbarui 11 Sep 2019, 17:14 WIB
wisata pacitan

Liputan6.com, Jakarta Pacitan merupakan sebuah Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten yang terkenal dengan nasi tiwulnya ini memiliki banyak tempat wisata alam yang menarik.

Sebagian besar wilayah Pacitan berupa pegunungan kapur yakni bagian dari rangkaian Pegunungan Kidul. Meski begitu, Pacitan memiliki banyak tempat wisata alam yang indah dan menakjubkan.

Jadi tidak perlu khawatir jika kamu berkunjung ke Pacitan, kamu bisa mengunjungi wisata-wisata yang ada di Pacitan mulai dari Wisata Goa, situs bersejarah, spot foto foto, Pantai, sampai air terjun yang memanjakan mata.

Tak berhenti sampai di situ saja, Pacitan juga terkenal sebagai tanah kelahiran presiden RI ke 6, bapak Susilo Bambang Yudhoyono atau yang akrab disapa pak SBY.

Nah, berikut ini 5 wisata alam yang wajib kamu kunjungi jika sedang berlibur di Kabupaten yang mempunyai julukan Kota seribu Goa ini sebagaimana dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (10/9/2019).

2 of 6

1. Sungai Maron Pacitan

Sungai Maron Pacitan
Sungai Maron Pacitan (Sumber: Instagram/@khofifah.ip)

Keindahan sungai Maron tak perlu diragukan, di sini pengunjung akan disajikan dengan pemandangan yang menakjuban. Sungai ini juga sering disebut dengan Amazonnya Indonesia, karena memiliki panorama yang hampir mirip dengan sungai terpanjang kedua di dunia tersebut.

Sungai ini terletak di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Pacitan. Selain memiliki panorama indah, sungai Maron juga dipenuhi dengan ikan kakap merah. Suasananya pun sangat tenang dan sejuk. Panorama pepohonan hijau di sisi sungai menawarkan sensasi seperti Sungai Amazon.

Untuk menyusuri sungai ini, kamu bisa menyewa perahu yang disediakan di area wisata ini. Saat menyusurinya, kamu akan terbius dengan panorama alamnya yang eksotis.

3 of 6

2. Hutan Pinus Kita Gemaharjo

Pinus Kita Gemaharjo Pacitan
Pinus Kita Gemaharjo Pacitan (ichayusnafiza/instagram.com)

Hutan Pinus Gemaharjo memiliki panorama elok yang menarik untuk diabadikan. Hutan Pinus ini berada di daratan yang cukup tinggi, sehingga membuat kamu ingin berlama-lama disini.

Wisata alam ini berlokasi di Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan. Hawa sejuk, bebas polusi sangat terasa di wisata alam ini. Selain itu, terdapat banyak spot foto yang keren dan kekinian seperti hammock, gardu pandang yang berada diatas pohon dan masih banyak lagi.

4 of 6

3. Goa Tabuhan

Goa Tabuhan
Goa Tabuhan (Sumber: pacitankab.go.id)

Jika kamu tertarik dengan musik gamelan khas Jawa, kamu wajib datang ke goa Tabuhan. Goa ini terletak di Kecematan Punung, Kabupaten Pacitan.

Kedalaman goa Tabuhan ini sekitar 100 meter dan memiliki dua ruangan. Menariknya, di salah satu sudut goa ada kumpulan stalagtit yang menghasilkan bunyi serupa gamelan.

Oleh kelompok gamelan warga setempat, bunyi-bunyian ini diubah menjadi orkestrasi nada yang ajaib.

5 of 6

4. Pantai Klayar

[Bintang] Pantai Klayar, Pacitan
Pantai Klayar, Pacitan. (panoramio.com)

Pantai Klayar merupakan salah satu pantai yang tak pernah sepi pengunjung. Daya tarik pantai ini berupa sajian bebatuan karang yang cukup banyak. Batu-batu karang tersebut memiliki beragam bentuk yang unik.

Keunikan lain dari pantai Klayar yakni seruling laut. Seruling laut merupakan julukan bagi karang air mancur. Setiap ombak besar datang, celah pada karang akan memancarkan air ke atas dan menimbulkan bunyi siulan.

6 of 6

5. Air Terjun Gringsing

Air Terjun Gringsing merupakan wisata alam yang terletak di Desa Ploso, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan. Suasana di sini sangatlah asri, deburan air dipadu dengan indahnya alam yang hijau.

Lokasinya berada di kawasan pegunungan, membuat siapa saja yang datang pasti ingin berlama-lama karena masih sangat alami. Pada saat musim penghujan tiba, air yang mengalir di Air Terjun Gringsing akan semakin deras. Bebatuan besar dan kokoh yang berbentuk tidak beraturan, membuat air terjun ini seperti berundak dan terlihat makin menakjubkan.

Lanjutkan Membaca ↓