VIDEO: Ayo Tukar Sampah Daur Ulang dengan Secangkir Kopi

Oleh Agustina Melani pada 09 Sep 2019, 20:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Guna kurangi menumpuknya sampah plastik, karang taruna di Gresik, Jawa Timur berinovasi untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan membuat kedai atau warung kopi sampah.

Uniknya, pengunjung yang datang bisa menikmati hangatnya kopi, secara gratis alias tanpa bayar. Syaratnya cukup membawa 1 kilogram (kg) sampah plastik atau sampah kering lain, seperti ditayangkan pada program Fokus, 6 September 2019.

Inilah kedai atau warung kopi sampah di Jalan Kramat Langon, Kelurahan Sidokumpul, Kecamatan Kota, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Di kedai yang lokasinya bersebelahan dengan tempat pembuangan sampah warga Desa Kramat Langon ini, pengunjung bisa menikmati secangkir kopi khas gresik secara cuma-cuma alias gratis.

Pengunjung yang datang cukup membawa 1 kilogram sampah plastik, dan akan mendapatkan kartu voucher untuk ditukarkan dengan secangkir kopi hangat di meja kasir.

Menurut  Imam Wahyu, Ketua Karang Taruna setempat, ide ngopi dengan menukar sampah, merupakan wujud inovasi lanjutan dari sebelumnya. Yakni memanfaatkan sampah untuk membuat beragam kerajinan, seperti damar kurung dan aneka kerajinan dari limbah sampah.

Berbagai macam sampah kering atau ecobrik yang bisa ditukarkan di antaranya, koran bekas, botol air mineral, dan sampah plastik. Pengunjung warkop sampah, mengaku senang, karena bisa menghemat uang sekaligus ikut menjaga kebersihan lingkungan dan mengurangi sampah plastik.

Inovasi kopi sampah sendiri, muncul karena Gresik terkenal dengan sebutan kota 1.000 warung kopi. Hal ini juga sekaligus mengedukasi masyarakat sekitar agar peduli lingkungan khususnya sampah, melalui daur ulang sampah yang bernilai ekonomis.

Yuk saksikan videonya.

Live Streaming

Powered by