Hari Olahraga Nasional, Ini 3 Tempat Pilihan Berolahraga di Surabaya

Oleh Liputan Enam pada 09 Sep 2019, 16:14 WIB
Sepatu Olahraga Sepatu Lari

Liputan6.com, Jakarta - 9 September ditetapkan menjadi Hari Olahraga Nasional. Hari Olahraga Nasional atau Haornas bisa menjadi pengingat bagi masyarakat Indonesia untuk meningkatkan kegiatan olahraga.

Sebenarnya, olahraga dapat dilakukan di mana saja. Berbagai tempat umum pun sudah bisa dijadikan lokasi untuk berolahraga, misalnya di taman, jalan raya, stadion dan lain-lain.

Sebagai ibu kota Jawa Timur, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Jawa Timur menyediakan banyak lokasi yang menunjang masyarakatnya untuk berolahraga. Tempat itu terbuka untuk siapa saja dan tidak dipungut biaya. 

Untuk peringati Hari Olahraga Nasional 2019, berikut ini adalah tiga area di Surabaya yang biasa dijadikan tempat olahraga dari berbagai informasi yang dihimpun oleh Liputan6.com, Senin (9/9/2019):

1. Taman Sepuluh November

Surabaya adalah kota yang kaya akan taman. Pemkot Surabaya sediakan berbagai taman agar dapat menjadi ruang terbuka hijau untuk masyarakat. Taman Sepuluh November adalah salah satu taman yang dapat dijadikan tempat berolahraga. Dulu, taman yang terletak di Jalan Juwet, Tambaksari ini dikenal dengan sebutan Taman Mundu. Namun, nama taman itu berganti sejak November 2018.

Taman ini terletak persis di depan Stadion Gelora 10 Nopember, Surabaya. Berolahraga di taman ini akan terasa lebih sejuk karena dikelilingi berbagai tanaman hijau. Selain berolahraga, taman ini juga bisa dijadikan tempat piknik, atau sekadar bermain.

2. Taman Bungkul

Selain Taman Sepuluh November, ruang hijau terbuka lain di Surabaya yang bisa digunakan untuk berolahraga adalah Taman Bungkul. Taman ini berlokasi di jalur protokol Surabaya dan memiliki luas 900m2.

Selain dikelilingi tanaman hijau, Taman Bungkul juga menyediakan beberapa sarana untuk berolahraga. Salah satu contohnya adalah arena skateboard yang tersedia dan bisa dipakai untuk penggemar papan luncur. Taman Bungkul juga meneyediakan fasilitas Wi-fi untuk bisa digunakan para pengunjung.

Selain menjadi tempat berolahraga, salah satu ikon di Surabaya ini juga seringkali dijadikan tempat wisata. Pada 2013, Taman Bungkul mendapat penghargaan sebagai taman terbaik se-Asia oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, 26 November, di Jepang. Pilihan menarik bukan untuk berolahraga di Taman Bungkul sekaligus meriahkan Hari Olahraga Nasional.

 

2 of 3

Gelora Bung Tomo

David da Silva
David da Silva mengikuti sesi latihan bersama Persebaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (5/8/2019) sore. (Bola.com/Aditya Wany)

3. Stadion Gelora Bung Tomo

Arek Suroboyo, khususnya Bonek pasti sudah tidak asing lagi dengan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Stadion ini menjadi salah satu kandang bagi Klub Surabaya, Persebaya. Umur stadion ini bisa terbilang masih muda yakni baru berumur tujuh tahun. Stadion ini diresmikan pada 06 Agustus 2010.

Stadion Gelora Bung Tomo digunakan untuk kegiatan atau pertandingan olahraga berskala besar yang biasa menghadirkan masyarakat banyak. Kapasitas Stadion GBT sendiri dapat menampung hingga 55 ribu penonton. Stadion GBT juga telah memiliki tempat parkir yang luas untuk memadai jumlah penonton yang besar. Sedangkan untuk kegiatan olahraga berskala kecil, stadion yang digunakan adalah Stadion Tambaksari.

(Kezia Priscilla, mahasiswi UMN)

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓