VIDEO: Menikmati Wisata Banyuwangi dengan Mobil Klasik

Oleh Agustina Melani pada 08 Sep 2019, 17:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Pergi ke tempat wisata menggunakan mobil pribadi, jamak dilakukan. Nah, di Banyuwangi, Jawa Timur, Komunitas Pecinta Mobil Volkswagen, atau VW, menawarkan sensasi baru, dengan menyewakan armada kunonya, untuk berkeliling menikmati berbagai destinasi wisata, di ujung timur pulau Jawa tersebut. Bagaimana keseruannya? 

Pecinta mobil klasik di Banyuwangi, Jawa Timur memiliki cara tersendiri, guna mendukung geliat pariwisata di daerahnya. Seperti yang dilakukan anggota Komunitas Volkswagen atau VW Banyuwangi.

Jika biasanya, komunitas ini hanya bertemu dan memajang mobil di tepi jalan, tapi kali ini mereka menyewakan mobil-mobil klasik miliknya untuk digunakan wisatawan berkeliling ke lokasi wisata di Banyuwangi.

Mulai dari waduk Bajul Mati, pantai Marina Boom, hutan De-djawatan, pantai Pulau Merah, Alas Purwo, hingga hutan Baluran yang ada di Kabupaten Situbondo. Biayanya pun relatif terjangkau, yakni Rp. 400.000, dengan maksimal empat penumpang. Terdapat 22 unit mobil klasik Volkswagen, dengan tiga jenis berbeda. Di antaranya jenis VW Kodok, VW Combi, dan VW Safari.

Salah satu mobil yang paling dimintai wisatawan adalah mobil  VW jenis Safari. Mobil klasik buatan Jerman tahun 1973 ini paling diminati, karena atap kendaraan bisa dibuka sehingga wisatawan bisa menikmati udara segar sambil menikmati pemandangan sekitar saat berjalan. Yang tak ketinggalan, mereka juga bisa berswafoto selama perjalanan, dan sesekali berhenti di spot foto yang disukai, dengan  mengendarai mobil kuno yang antik tersebut.

Selain bisa memberikan pengalaman, dan sensasi tersendiri bagi wisatawan. Adanya fasilitas penyewaan mobil kuno ini, diharapkan bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD), Kabupaten Banyuwangi, dengan meningkatkan kunjungan wisatawan, demikian dilansir dari Fokus, 2 September 2019.