Video: Inovasi Mahasiswa Olah Buah Markisa untuk Penderita Diabetes

Video: Inovasi Mahasiswa Olah Buah Markisa untuk Penderita Diabetes

Berawal dari melihat buah markisa yang tidak dimanfaatkan dengan benar. Belasan mahasiswa di Sidoarjo membuat inovasi olahan makanan dari buah markisa, yang bermanfaat bagi kesehatan terutama penderita diabetes. Buah markisa diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti sirup, puding, dan keripik renyah.

Buah markisa yang sudah masak, selain bisa dimakan langsung atau dibuat jus, ternyata bisa dimanfaatkan menjadi olahan bervariatif dan meningkatkan harga jual.

Seperti yang dilakukan oleh kelompok mahasiswa Universitas Ma'arif Hasyim Latif, Ngelom, di Sidoarjo, Jawa Timur. Buah markisa diolah menjadi berbagai jenis makanan mulai dari puding, minuman sirup, permen dan crispy.

Ide awal pengolahan buah markisa ini karena banyaknya pohon markisa yang berbuah tapi tidak dimanfaatkan dengan benar. Kelompok mahasiswa ini kemudian mencoba berinovasi mengolah buah markisa agar dapat berguna dan bermanfaat bagi kesehatan.

Proses pembuatan olahan makanan buah markisa cukup sederhana. Untuk sirup, buah markisa, diambil isinya kemudian dicampur dengan takaran gula dan direbus hingga mendidih.

Sirup markisa yang sudah jadi juga bisa disulap menjadi puding dengan campuran bahan agar-agar atau puding. Jika untuk crispy atau keripik renyah, markisa dipotong-potong sesuai keinginan, lalu dicampur dengan tepung terigu dan telur. Olahan markisa ini bagus bagi kesehatan karena mengandung antioksida yang cocok untuk penderita diabetes.

Seperti yang disampaikan oleh Dita Wahyu Angreni, salah seorang mahasiswi pada tayangan program Liputan6, 3 September 2019. Yuk, saksikan videonya

Ringkasan

Oleh Didi N pada 07 September 2019, 20:00 WIB

Video Terkait

Spotlights