Jangan Lewatkan Dua Agenda Ini Saat Akhir Pekan di Surabaya

Oleh Liputan Enam pada 07 Sep 2019, 08:00 WIB
(Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota (pemkot) Surabaya, Jawa Timur kembali menyelenggarakan agenda festival istimewanya yang tentunya dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar. Akan tetapi, bagi warga pendatang juga boleh menyambangi acara rutin tersebut jika sedang berada di Surabaya.

Program tahunan pada September 2019 itu bernama Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan, dengan mengambil tema ‘Culinary and Craft Festival'. Jika diperhatikan dari nama programnya ‘Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan’, mesti berlangsung di kawasan area Jalan Tunjungan, Surabaya.

Mengutip dari instagram @surabayasparkling, Sabtu (7/9/2019),  festival tersebut berlangsung pada Sabtu, 7 September 2019 mulai pukul 16.00-21.30 WIB.

Di sana, pengunjung akan disuguhkan aneka kuliner nusantara khas Surabaya, Jawa Timur dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM) binaan Pemkot Surabaya. Selain bisa kulineran, para tamu juga dapat melihat produk fashion dan craft dari para seniman asal Surabaya pastinya.

Surabaya memang memiliki sekian banyak orang berbakat di segala bidang, termasuk seni. Terbukti dengan adanya pameran produk fashion di festival Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan. Yuk, siapkan waktu Minggu Anda besok untuk datang ke Jalan Tunjungan.

Selain Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan, pada Sabtu-Minggu pekan ini juga masih ada Cangkroekan Djoeang. Jadi Anda yang kelewatan acara ini pada Sabtu pekan lalu bisa mengunjungi Cangkroekan Djoeang di Tugu Pahlawan, Surabaya.

Acara ini bakal digelar rutin setiap Sabtu dan Minggu. Di acara ini, Anda dapat menemukan para penjaja kuliner tradisional menjual produk sembari mengenakan pakaian tradisional dan pejuang. 

"Ayo lestarikan kuliner khas Surabaya sambil nonton bareng film-film perjuangan. Lebih seru lagi jika kalian memakai baju tradisional dan baju pejuang," tulis admin surabayasparkling.

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara)

2 of 3

Acara Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan Sambut Peserta Surabaya Marathon 2019

6 Potret Kemeriahan Surabaya Marathon 2019
Start pada acara Surabaya Marathon 2019 (Sumber: Instagram/surabaya)

Sebelumnya, ribuan peserta Surabaya Marathon 2019 akan disambut dengan acara Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan yang digelar di sepanjang Jalan Tunjungan, Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu malam, 3 Agustus 2019.

Kepala Dinas Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya, Antiek Sugiharti mengatakan, acara Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan merupakan agenda rutin yang digelar Pemerintah Kota Surabaya.

"Namun ada yang berbeda pada acara yang diadakan pekan ini, sebab selain untuk menghibur warga Surabaya, acara ini sekaligus menyambut kedatangan peserta Surabaya Marathon yang berlangsung pada Minggu 4 Agustus 2019," kata dia, seperti dilansir Antara, Jumat, 2 Agustus 2019.

Diperkirakan, lanjut dia, peserta Surabaya Marathon dari luar Surabaya sudah tiba di Surabaya pada Sabtu, 3 Agustus 2019. "Jadi mereka sebelum mengikuti lomba lari bisa hadir di acara Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan," ujar dia.

Ia menuturkan, 270 stan pelaku usaha kreatif kuliner dan kerajinan di Surabaya akan berpartisipasi pada acara Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan pekan ini. Mereka terdiri atas Pahlawan Ekonomi, Dekranasda, UKM Dinas Koperasi, UKM Dolly, UKM Dinas Perdagangan, dan UKM Kampung Lawas Maspati.

Dia menuturkan, para peserta Surabaya Marathon tidak hanya dimanjakan dengan berbagai macam kuliner tradisional khas Surabaya, melainkan juga akan dihibur dengan iringan musik yang dibawakan beberapa grup seniman lokal asal Surabaya.

"Nanti pengunjung juga akan dimanjakan dengan penampilan dari anak-anak kreatif yang biasa berlatih di Balai Pemuda," ujar dia.

Keunikan lain dari acara pekan ini dibandingkan dengan sebelumnya adalah kehadiran peserta Asia Pasific Hospice and Palliative Care Conference (APHC) 2019 yang menyelenggarakan kegiatan Kongres Paliatif Internasional di Surabaya. Kongres paliatif itu akan diadakan selama empat hari, 1-4 Agustus 2019, dan diikuti ahli-ahli paliatif dari berbagai mancanegara.

"Jadi selain bertujuan untuk menghibur warga Surabaya, acara Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan pekan ini sekaligus menyambut kedatangan peserta Surabaya Marathon dan APHC 2019," kata dia.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓