VIDEO: Usaha Kreatif dari Limbah Kulit Kelinci

VIDEO: Usaha Kreatif dari Limbah Kulit Kelinci

Berawal dari keresahan, melihat limbah kulit kelinci yang banyak dibuang di sungai. Seorang warga di Magetan, Jawa Timur, berhasil memanfaatkannya. Untuk dibuat aneka kerajinan tas, dompet, dan sandal, seperti yang ditayangkan Liputan6, Senin, 2 September 2019.

Inilah sandal dan sepatu yang sudah diberi aksesoris dari bahan kulit kelinci. Karya warga Kelurahan Kepolorejo, Kabupaten Magetan ini tampak indah dan menarik. Selain sandal dan sepatu, ada juga tas, dompet, tempat tisu, koin, hingga penjempit rambut, yang dibuat dari kulit kelinci. Meski dibuat dengan cara manual, tapi hasilnya sungguh luar biasa.

Ide dari Dince Sri Hartati, membuat kerajinan kulit kelinci ini, berawal dari rasa prihatin banyaknya limbah kulit kelinci yang dibuang di sungai. Lantaran di sekitar tempat tinggalnya banyak pedagang sate kelinci. Karyanya pun banyak diminati masyarakat, lantaran teksturnya lembut. Sehingga penghasilannya pun mencapai jutaan rupiah.

Seperti yang diungkapkan oleh Dince Sri Hartati, perajin kulit kelinci "Kulit kelinci terbatas karena kecil, jadi untuk membuat sesuatu yang besar terbatas juga, bisa pun harus menyambung dulu, belum pola kelinci yang berbeda," ujar dia.

Hal yang sama juga dituturkan oleh Putro Yudianto, salah seorang pengelola kerajinan kulit kelinci."Keunggulan kulit kelinci adalah bulunya lebih halus dibandingkan kulit kambing atau kulit domba, jadi lebih halus dan lebih padet, untuk harga kita kisaran antara 100 sampai satu jutaan," tutur Putro.

Ingin tahu soal kerajinan kulit kelinci ini, yuk simak videonya.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 06 September 2019, 07:30 WIB

Video Terkait

Spotlights