Intip Keseruan PLN Jawa Timur Rayakan Hari Pelanggan Nasional 2019

Oleh Dian Kurniawan pada 04 Sep 2019, 17:46 WIB
Diperbarui 08 Sep 2019, 15:32 WIB
(Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Liputan6.com, Surabaya - PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur mengadakan serangkaian acara untuk pelanggan, pada Hari Pelanggan Nasional 2019, Rabu (4/9/2019). 

Keseruan tersebut terlihat di acara Sapa Pelanggan yakni pemberian hadiah kepada konsumen yang berswafoto di loket pelayanan PLN pada Hari Pelanggan Nasional. Kunjungan pelanggan "Tok Tok Wow" yakni menyapa, berdialog, dan mendengar suara pelanggan. 

Bantuan pemeriksaan instalasi dan pemasangan grounding untuk  284 lembaga pendidikan nonkomersial, serta dialog ke lembaga konsumen seperti YLKI dan Ombudsman.

Mengunjungi PT Cheil Jedang Indonesia, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Bob Saril menyampaikan beragam program terbaru PLN yang dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan usaha. Tak lupa, ia pun menampung keluhan, masalah dan saran pelanggan terkait perbaikan layanan PLN ke depan. 

Dalam kesempatan yang sama, PLN pun mengkampanyekan electrifying lifestyle yakni mengajak beralih dari kompor gas ke kompor induksi hal ini ditandai dengan pemberian souvenir berupa kompor induksi. Kunjungan pun berlanjut ke salah satu panti sosial yang ada di Pasuruan dan lembaga pendidikan, Universitas Airlangga (Unair). 

"Sebuah penghargaan bagi kami kedatangan Tim PLN di Hari Pelanggan Nasional kali ini, semoga PLN terus maju, melayani kebutuhan listrik seluruh masyarakat," kata Rektor Unair Mohammad Nasih. 

Pada hari yang sama, Senior Manager General Affairs, A Rasyid Naja mengunjungi lembaga konsumen di Jawa Timur, Ombudsman Jawa Timur. 

Pimpinan Ombudsman Cabang Jawa Timur, Ninik Rahayu menyampaikan harapannya agar PLN menyiapkan keyperson di setiap wilayah untuk percepatan keluhan pelanggan serta evaluasi keluhan konsumen yang bersifat periodik.

Rangkaian kegiatan yang diselenggarakan pada Hari Pelanggan Nasional (HPN) 2019 ini mengacu pada masalah yang kerap dialami oleh pelanggan seperti di antaranya: masalah instalasi bangunan miliki pelanggan. 

Oleh karena itu, dengan memanfaatkan momentum ini, PLN hadir untuk memberikan solusi masalah tersebut untuk kepuasan pelanggan.

Dalam kegiatan bantuan pemeriksaan instalasi ini, PLN bekerjasama dengan Lembaga Inspeksi Teknik – Tegangan Rendah (LIT – TR) sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat luas bahwa instalasi listrik di rumah pelanggan di luar layanan PLN. 

Sebagai BUMN terbesar di Indonesia, PLN memiliki lebih dari 73 juta pelanggan, dalam kegiatan Hari Pelanggan Nasional diharapkan PLN dapat mendengarkan suara pelanggan serta tetap memberikan layanan terbaik kepada seluruh masyarakat secara merata.

 

2 of 3

Peringati Hari Pelanggan, Pertamina Bagi Lamborghini dan Saldo Linkaja

Harga Pertamax Naik
Petugas mengisi BBM ke kendaraan konsumen di SPBU Abdul Muis, Jakarta, Senin (2/7). PT Pertamina (Persero) menaikkan harga Pertamax, Pertamax Turbo dan Pertamina Dex mulai dari Rp500 hingga Rp900 per liter mulai 1 Juli 2018. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, ‎PT Pertamina (Persero) memberikan apresiasi kepada pelanggan setianya dalam rangka memperingati hari pelanggan nasional. Apresiasi tersebut dengan memberikan Lamborghini dan saldo Linkaja.

General Marketing Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III Tengku Fernanda mengatakan, program yang bertajuk Pertamina Menyapa Pelanggan merupakan upayanya untuk mendekatkan Pertamina dengan para konsumen setia Pertamina.

"Melalui program ini, kami memberi apresiasi tertinggi bagi konsumen yang telah menerima produk berkualitas dari Pertamina. Hal ini mencerminkan bahwa produk Pertamina dinilai memiliki kualitas sehingga dipercaya oleh masyarakat. Ini merupakan salah satu peran perusahaan, yakni acceptability atau penerimaan produk," ujar dia, 4 September 2019.

Pada kegiatan Hari Pelanggan, Pertamina juga memberikan hadiah bagi konsumen yang bertransaksi dengan aplikasi Link Aja. Yakni, miniatur (Diecast) Lamborghini bagi konsumen BBK jenis Pertamax Turbo.

Sedangkan konsumen Pertamax dan Dex Series, serta Bright Gas memperoleh tambahan (top-up) saldo Link Aja senilai Rp 100 ribu.

"Dengan kegiatan ini, Pertamina terus mendorong masyarakat untuk senantiasa menggunakan BBM dengan kualitas #lebihbaik dan ramah lingkungan yakni Pertamax Series dan Dex Series,” ujar Tengku.

Salah satu pelanggan yang ditemui, yakni Siska (29 tahun), cukup terkejut dengan kegiatan menyapa pada Hari Pelanggan. Salah satu karyawan perusahaan swasta ini rutin mengisi bahan bakarnya setiap pagi sebelum tiba di kantornya.

Untuk memperkuat pelayanannya, Pertamina telah menerapkan sistem digital pada SPBU-SPBU di wilayah Jabodetabek. Digitalisasi SPBU dilakukan untuk monitoring data transaksi dan stok SPBU yang lebih real time.

"Biasanya sebelum ngantor, saya penuhi BBK saya dulu. Supaya sepulang kantor, saya bisa langsung melanjutkan aktivitas lain atau jika mendadak ada rapat diluar kantor, tanpa perlu khawatir tangki bahan bakarnya kosong,” ujarnya.

 

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓