Surabaya Heritage Track Buka Tur Regular Baru Keliling Kota Pahlawan

Oleh Liputan Enam pada 02 Sep 2019, 06:00 WIB
Menelusuri Sejarah Kota Surabaya Bersama Surabaya Heritage Track

Liputan6.com, Jakarta - Surabaya Heritage Track (SHT) mempunyai rute-rute terbaru dalam mengelilingi Surabaya, Jawa Timur. SHT mempersembahkan tur regular baru bertemakan ‘Wajah-Wajah Surabaya’. Tur tersebut dimulai pada 3 September 2019.

Masyarakat setempat dan sekitarnya diberi kesempatan untuk mengenal wajah-wajah Surabaya. Berdasarkan penelusuran di instagram @lovesuroboyo, berikut ini Liputan6.com menghimpun informasi tentang tur regular baru bus Surabaya Heritage Track (SHT):

   a) Selasa-Kamis

  • Surabaya kota pendidikan, pukul 10.00 WIB
  • Surabaya kota pahlawan, pukul 13.00 WIB
  • Surabaya kota pelabuhan, pukul 15.00 WIB

   b) Jumat-Minggu

  • Kampung dari sebrang, pukul 10.00 WIB
  • Gerbang keraton Surabaya, pukul 13.00 WIB
  • Surabaya kampung metropolitan, pukul 15.00 WIB

    c) Weekday

  • Telkom JMP-Kampung Lawas Maspati / pendidikan era kolonial, pukul 10.00 WIB
  • Telkom JMP-Tugu Pahlawan / Kota Pahlawan, pukul 13.00 WIB
  • Menara Syahbandar-Pasar Pabean / Perniagaan, pukul 15.00 WIB

    d) Weekend

  • Jalan Panggung-Pasar Ampel / kawasan 3 negeri, pukul 10.00 WIB
  • Kampung Peneleh-Kampung Ketandan / Kampung Modern, pukul 13.00 WIB
  • Kampung Keraton-Bubutan / Kraton Surabaya, pukul 15.00 WIB

Jika Anda tertarik untuk menaiki Surabaya Heritage Track (SHT), harus reservasi terlebih dahulu. Reservasinya dapat dilakukan di Museum House Of Sampoerna, Surabaya.

Apalagi pemberangkatan ini GRATIS alias tidak dipungut biaya. Untuk info lebih lanjut, dapat mengunjungi website www.houseofsampoerna.museum atau Trackers Information Center (TIC) ext. 24142.

Sebelumnya, Museum House Of Sampoerna berada di Jalan Taman Sampoerna No.6, Surabaya. Di museum tersebut, terdapat fasilitas bus untuk pengunjung yang ingin berkeliling Surabaya secara gratis.

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara)

2 of 4

Rogoh Kocek Rp 7.500, Bisa Keliling Surabaya 5 Jam Pakai Bus Ini

(Foto: Love Surabaya)
Bus wisata kota di Surabaya (Foto:Love Surabaya)

Sebelumnya, kota-kota di Indonesia kini memiliki menawarkan tur wisata kota. Salah satu ditawarkan dalam tur kota tersebut dengan memakai bus wisata kota.

Nah, salah satunya yang dimiliki oleh Surabaya, Jawa Timur. Bus itu diberi nama Bus Surabaya Shopping and Culinary Truck. Hanya mengeluarkan ongkos Rp 7.500, Anda bisa keliling Surabaya, Jawa Timur dengan bus Surabaya Shopping and Culinary Truck.

Bus ini hadir pada Selasa, Sabtu dan Minggu. Rute bus ini terbagi dua untuk wisata museum dan wisata bahari. Tiap minggu hadir dengan wisata berbeda. Pada minggu I dan III untuk wisata museum, sedangkan minggu II dan IV untuk wisata bahari. Demikian mengutip dari laman Surabaya.go.id, Sabtu,13 Juli 2019.

Untuk wisata museum diadakan pada minggu I dan II. Wisata kota dengan mengunjungi spot museum dan ikon kota Surabaya ini dimulai pukul 09.00 hingga 14.00 WIB. Wisata kota dengan memakai bus itu rute Balai Pemuda, Balai Kota, Museum Surabaya, Museum Sepuluh Nopember, Museum Kesehatan, Bank Indonesia, Jembatan Merah Plaza, dan Balai Pemuda.

Sedangkan wisata bahari dilakukan pada minggu II dan IV. Rute wisata bahari itu mulai Balai Pemuda, Balai Kota, Museum Kapal Selam, Museum Surabaya, THP Kenjeran, Sentra UKM Merr, dan Balai Pemuda.

Untuk membeli tiket bus ini dapat dibeli di Kantor Tourism Information Center (TIC), Gedung Balai Pemuda, Surabaya, Jawa Timur di Jalan Gubernur Surya nomor 15. Penjualan tiket bus wisata kota ini tidak melayani penjualan lewat telepon dan online.

Ketua Love Surabaya, Shandy Setiawan mengatakan, bus tersebut dinamakan bus Surabaya Shopping and Culinary Truck karena usai diajak jalan-jalan ke museum dan ikon kota, wisatawan selalu diajak belanja dan kuliner di pusat perbelanjaan mal, sentra kuliner dan pusat oleh-oleh pada akhir rute.

"Rute terakhir diberi waktu 1 sejam. Pengunjung bebas silahkan mau belanja monggo, mau kuliner monggo," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu pekan ini.

3 of 4

Reservasi Dahulu

Lebaran Hari Kedua, Bus Tingkat Wisata Ramai
Warga berada di dalam bus tingkat wisata keliling Ibu Kota di kawasan Monas, Jakarta, Sabtu (16/6). Libur Hari Raya Idul Fitri dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat Jakarta untuk berlibur ketempat wisata bersama keluarga. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Shandy Setiawan menuturkan, bagi wisatawan yang ingin tertarik wisata kota dengan bus ini dapat reservasi dahulu, sedangkan langsung beli di tempat hanya ada empat kuota.

Sedangkan bus wisata kota yang berwarna merah dan dari museum House of Sampoerna, tiketnya dapat dipesan langsung dan menunggu naik sesuai jamnya. Satu bus terdiri dari 24 kursi. Namun sayangnya, bus saat ini sementara dalam perawatan sehingga diganti dengan bus biasa.

"Untuk reservasi bus tiap per tanggal 1 awal bulan. Untuk jadwal operasi bulan ini full booking," ujar Shandy.

Shandy menuturkan, sejak bus wisata kota diluncurkan sejak 2013, sudah menarik banyak wisatawan baik domestik dan asing. Namun, wisatawan domestik lebih mendominasi. Sedangkan wisatawan asing jika ada kunjungan ke Surabaya maka manfaatkan bus city tour. Lantaran bus hanya satu yang dimiliki pemerintah kota sehingga tidak terlalu banyak wisatawan yang memanfaatkan bus tersebut.

"Ada sekitar 300-500 wisatawan per bulan yang memakai bus tersebut untuk wisata kota, ditambah yang bus merah sekitar 1.000-an per bulan," kata dia.

Rencananya bus wisata kota berwarna merah juga akan ditambah pada 2019. Namun, belum dapat ditentukan kapan peluncurannya.

 

4 of 4

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓