Sukses

Pertama ke Surabaya, Dubes Inggris Diskusi Liverpool vs Arsenal dengan Risma

Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins berdiskusi dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) tentang hubungan sister city yang sangat luar biasa antara Surabaya dan Liverpool.

Liputan6.com, Surabaya - Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins menyatakan, pihaknya ingin menjalin hubungan lebih kuat dengan Surabaya, Jawa Timur. Hal ini mengingat Surabaya sangat berkonsentrasi dalam menjalankan keberlangsungan lingkungannya.

Owen menuturkan, Surabaya dan Jawa Timur sudah memiliki hubungan kuat.  "Saya pikir hubungan Surabaya dan Jawa Timur sudah terjalin sangat kuat dan sangat potensial untuk melakukan sesuatu yang lebih,” kata Owen seusai bertemu Wali Kota Risma di Balai Kota Surabaya.

Dia menuturkan, pihaknya berdiskusi dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) tentang hubungan sister city yang sangat luar biasa antara Surabaya dan Liverpool,  mulai dari edukasi, infrastruktur, dan anak-anak yang luar biasa yang sudah tampil saat penyambutannya.

"Satu-satunya masalah dari hubungan ini (Surabaya dan Kedubes Inggris) adalah tim sepak bola jagoan saya itu Arsenal. Dan Arsenal kalah dari Liverpool 3-1. Jadi saya sebenarnya merasa tidak seberapa enak dengan Liverpool kali ini. Tapi Surabaya punya hubungan yang kuat dengan Liverpool," candanya sambil tertawa, Selasa (27/8/2019).

Ia juga menambahkan, ke depannya ingin menjalin hubungan yang lebih kuat dengan Indonesia, terutama dengan Surabaya. Sebab, Surabaya sangat konsen dalam keberlangsungan lingkungannya.

"Surabaya ini memiliki reputasi yang sangat tinggi dalam hal lingkungan. Karenanya, ke depan mungkin bisa saling bekerjasama dalam bidang infrastruktur, transportasi umum, pendidikan dan beberapa bidang lain," ujar dia.

Selain itu, Owen mengaku ini kunjungan pertama di luar Jakarta setelah resmi dilantik jadi duta besar. Ia pun senang dengan kunjungan pertamanya itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berdiskusi Tentang Sister City

Saat tiba di Balai Kota Surabaya, ia disambut bersama Risma dan anak-anak yang sudah pernah belajar di Liverpool.

Tiba di Balai Kota Surabaya, Owen langsung diajak masuk ke ruang kerja Risma. Mereka sempat berdiskusi banyak hal tentang sister city antara Surabaya dengan Liverpool.

Risma mengatakan tidak ada yang spesial dalam pembicaraan antara dirinya dengan Dubes yang baru itu.

Dia menuturkan, Owen yang menggantikan Moazzam Malik itu hanya ingin bertemu Wali Kota Risma, termasuk pula ingin bertemu dengan anak-anak Surabaya yang pernah menempuh pendidikan di Liverpool.

"Tidak ada yang special tadi, hanya beliau kan baru menggantikan Pak Moazzam. Dia juga ingin bertemu dengan anak-anak juga, makanya kami datangkan semuanya," kata Risma seusai menerima Dubes Inggris.

Seusai bertemu Risma, Dubes Inggris dan jajarannya ini langsung bertemu dengan anak-anak yang sudah pernah mengenyam pendidikan di Liverpool berkat adanya sister city. Setidaknya, sudah dua tahap Risma mengirimkan anak-anak Surabaya untuk belajar di Liverpool.

Pada tahap pertama, Risma mengirimkan anak-anak berbakat dalam bidang olahraga. Diantaranya adalah Supriadi yang merupakan pemain timnas dan sekarang bergabung di club Persebaya. Supriadi dkk pernah dikirim ke Liverpool untuk mengembangkan bakatnya dalam bermain sepak bola.

Tahap kedua, Risma mengirimkan anak-anak disabilitas untuk belajar hidup mandiri di Liverpool. Salah satu yang dikirim ke Liverpool adalah Ibam, anak disabilitas yang memiliki keahlian dalam dunia musik. Ia juga selalu tampil ketika Surabaya ada kegiatan internasional.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.