5 Wisata Air Terjun yang Paling Populer di Jombang, Sajikan Panorama Indah

Oleh Dyah Mulyaningtyas pada 23 Agu 2019, 18:35 WIB
[Bintang] Jawa Timur

Liputan6.com, Jakarta Jawa Timur terkenal dengan wisata alamnya yang indah dan memesona. Tidak hanya Banyuwangi, Malang, ataupun Madura, tapi Kabupaten Jombang juga memiliki banyak pilihan wisata alam yg tidak kalah indah dari kabupaten lainnya di Jawa Timur. 

Letak Kabupaten Jombang yang cukup dekat dari Surabaya, membuat Kabupaten yang satu ini mudah untuk diakses. Selain itu terdapat transportasi umum seperti kereta sehingga semakin memudahkan bagi kamu yang ingin berkunjung ke Jombang

Salah satu pilihan destinasi wisata alam di Jombang yang sayang bila kamu lewatkan adalah air terjun. kabupaten Jombang memiliki beberapa air terjun dengan pemandangan yang menawan. Sangat tepat bagi kamu yang ingin liburan dan melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

Berikut wisata air terjun di Jombang yang bisa kamu kunjungi dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (23/8/2019)

2 of 6

1. Air Terjun Tretes

Air Terjun Tretes
Air terjun Tretes

Air terjun Tretes Jombang merupakan air terjun teringgi di Jawa Timur. Air terjun yang memiliki ketinggian 158 meter ini terletak di ketinggian 1.250 meter di atas permukaan air laut.

Air terjun Tretes juga memiliki panorama indah dengan dua alira terjun yang mengalir ke bawah. Namun, para wisatawan yang berkunjung ke wisata ini tidak disarakan untuk mandi secara langsung di bawah air terjun. Derasnya guyuran air akan membuat tubuh sakit bahkan bisa terluka.

Tapi kamu masih bisa menikmati segarnya air terjun Tretes dengan mandi di sekitar air terjun. Wisata air terjun Tretes bertempat di Pengajaran, Galengdowo, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

3 of 6

2. Air Terjun Grenjeng Jombang

Air Terjun Grenjeng
Air Terjun Grenjeng

Air terjun Grenjeng adalah salah satu wisata alam yang cocok untuk mencari kesejukan dan menenangkan pikiran karena suasananya yang hijau nan asri. Menuju air terjun ini kamu harus berjalan kaki sekitar 20 menit, tapi kamu tidak akan dikecewakan oleh pemandangan yang kamu temui disana.

Air terjun ini terletak di Desa Jenisgelaran, Kecamatan Bareng, Jombang, Jawa Timur. Meski memiliki ketinggian yang hanya berjarak sekitar 8 meter, namunn sensasi alam yang sejuk dan percikan air sangat terasa segar di sini.

 

4 of 6

3. Air Terjun Sanggar Jombang

Air Terjun Sanggar Jombang
Air Terjun Sanggar Jombang (Sumber: galerywisatajombang.com)

Air Terjun Sanggar Jombang berlokasi di Dusun Jarak, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Meski lokasinya cukup susah dijangkau dan belum banyak diketahui orang, wisata ini sangat rindang, pohon-pohon tumbuh di sekitar air terjun menambah pemandangan yang asri.

Tak hanya itu, setiap tempat wisata pasti memiliki daya tarik serta keunikan masing-masing. Air terjun yang satu ini jika dilihat sekilas nampak seperti pocong atau pocongan. Air yang mengalir dari atas ke bawah sangat indah dan masih terasa segar alami.

5 of 6

4. Air Terjun Coban Selo

Air Terjun Coban Selo Lapis terletak di lereng Gunung Selo Ringgit, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Jombang, Jawa timur. Wisata air terjun yang satu ini memang masih tergolong baru dan masih belum banyak pengunjung.

Maka suasana asri dan nuansa alam yang masih begitu terasa sehingga cocok bagi kamu maupun keluarga untuk melepas lelah atau menikmati waktu libur akhir pekan.

6 of 6

5. Air Terjun Sekar Pudak Sari

Air Terjun Sekar Pudak Sari merupakan salah satu andalan objek wisata Jombang. Wisata air terjun ini masih tergolong wisata yang masih tersembunyi.

Untuk menuju lokasi wisata tersembunyi ini, dibutuhkan perjuangan ekstra karena kondisi jalanan yang terjal. Wisata air terjun Jombang ini menyuguhkan pemandangan alam yang masih asri dan alami. Lokasi wisata ini berada di Dusun Wonorekso, Desa Wonokerto, Kecamatan Wonosalam, Jombang.

Lanjutkan Membaca ↓