Bingung Mau Jalan-Jalan Ke Mana di Surabaya? Yuk Kunjungi Wisata Air Ini

Oleh Liputan Enam pada 25 Agu 2019, 08:00 WIB
Atlantis Land Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Di Surabaya, Jawa Timur selain memiliki tempat wisata seperti taman-taman, kebun binatang, museum, dan bangunan bersejarah, kota ini juga memiliki objek wisata air yang tak kalah menarik. 

Sarana wisata air tersebut dilengkapi oleh berbagai fasilitas yang memadai dan mampu menunjang para pengunjung. Nah, wahana wisata air yang ada di kota ini meliputi Ciputra Waterpark dan Atlantis Land Surabaya. Dikutip dari Buku Jalan-Jalan Surabaya, Enaknya ke Mana? karya Yusak Ansori dan Adi Kusrianto dan menelusuri atlantisland.id, Liputan6.com merangkumnya, seperti ditulis Minggu (25/8/2019):

1. Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark adalah salah satu sarana wisata taman air yang terbesar di Indonesia. Lokasinya berada di ujung Surabaya Barat, tepatnya di kompleks elite Citraland. Sarana wisata ini berdampingan dengan lokasi Universitas Ciputra Boulevard Surabaya.

Waterpark ini memegang konsep petualangan Sinbad yang menawarkan beberapa wahana airnya. Fasilitasnya itu seperti kolam-kolam besar dengan ombak-ombak artifisial, dan perosotan yang begitu panjang sehingga menguji keberanian pengunjungnya.

Selain itu, Ciputra Waterpark pula menyediakan sejumlah pelayanan lain, diantaranya cinema 5D, dan playground untuk anak-anak. Ciputra Waterpark ini buka Selasa-Jumat pukul 13.00-19.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 10.00-19.00 WIB.

2. Atlantis Land Surabaya

Merupakan tempat wisata yang memiliki beberapa wahana air dan juga wahana daratan. Wahana yang bisa pengunjung nikmati di antaranya tornado dan boomerang slide, istana patung lilin, dino land, dan istana es.

Di atlantis land ini juga tersedia area khusus untuk anak-anak yang dinamakan kerajaan anak-anak. Di area tersebut, anak dapat bermain dengan berbagai permainan yang mengedukatif untuk mereka, seperti trampolin, mandi bola, dan seluncuran.

Dalam setiap harinya, Atlantis Land Surabaya rutin mengadakan pertunjukan air mancur menari, tepatnya pukul 17.30 WIB. Wisata tersebut berada di Jalan Sukolilo No.100, Surabaya, Jawa Timur dan buka setiap hari mulai pukul 10.00-18.00 WIB.

Tempat wisata air yang ada di Surabaya tersebut bisa menjadi pertimbanganAnda jika ingin bermain air yang menyenangkan. Wisata ini termasuk lokasi liburan yang cocok di singgahi bersama keluarga maupun dengan teman-teman.

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara)

2 of 3

Yuk Jelajahi Pantai Delegan Berpasir Putih di Gresik

Pantai
Ilustrasi piknik di pantai (iStockphoto)

Sebelumnya, sambut akhir pekan, apakah sudah ada rencana mau jalan-jalan ke mana? Khususnya bagi warga Gresik, Jawa Timur dan sekitar, pasti tahu mengenai Pantai Delegan. Tempat wisata yang berjarak sekitar 40 kilometer dari kabupaten Gresik, tepatnya berdekatan dengan kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Pantai Delegan merupakan salah satu dari wisata bahari yang dikenal di kabupaten Gresik. Berikut ini, Liputan6.com menyajikan mengenai Pantai Delegan Gresik yang ditelusuri dari berbagai sumber, salah satunya gresikkab.go.id.

Pantai Delegan berada di Desa Delegan, Kecamatan Panceng, Gresik, Jawa Timur. Sesuai dengan lokasi pantai ini berada, nama pantainya pun diberi nama yang sama yakni Pantai Delegan.

Pantai Delegan dibuka untuk umum sejak 2003. Pantai ini belum pernah dikelola. Akan tetapi, hanya sekadar untuk tempat bermain anak-anak. Lambat laun pengunjung semakin banyak sehingga untuk kenyamanan dan keamanan pengunjung kemudian dikelola oleh desa tersebut.

Pantai dengan luas 2,5 hektar ini memiliki pasir pantai yang berwarna putih. Ombak yang ada di pantai ini pun cukup stabil dan juga tenang, sehingga tidak sedikit dari pengunjung yang berenang di sana.

Sama seperti dengan pantai lainnya, di sini pengunjung bisa melakukan aktifitas bermain pasir, berenang menggunakan ban pelampung, menaiki sampan atau perahu, bersantai ria di pinggir pantai, menikmati pemandangan dan berbagai aktivitas lainnya.

Banyak warga sekitar Gresik yang memanfaatkan  keberadaan pantai ini. Misalnya dengan menjajakan makanan, oleh-oleh khas Gresik, maupun cinderamata. Setiap harinya, Pantai Delegan buka mulai pukul 07.00-17.00 WIB.

Di sini pula banyak pedagang yang menjual beragam ikan bakar yang merupakan hasil tangkapan para nelayannya. Anda bisa membelinya dengan harga yang bervariasi.

Untuk menuju sampai ke pantai ini, Anda bisa menggunakan peta untuk mencari di mana lokasinya berada. Selain itu, sudah banyak juga disediakan rambu-rambu petunjuk jalan yang dapat membantu mencapai Pantai Delegan.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓