5 Destinasi Wisata Wajib di Surabaya

Oleh Liputan Enam pada 21 Agu 2019, 08:00 WIB
Taman Bungkul, Surabaya

Liputan6.com, Surabaya - Kamu yang sedang berada di Surabaya, Jawa Timur jangan sampai melewatkan sejumlah objek wisata di kota ini. Warga setempat pun banyak yang suka mendatangi berbagai tempat wisata yang ada di sini.

Bahkan, ada yang bilang kalau Surabaya itu sebagai kota yang memiliki ribuan destinasi wisata. Berikut ini, Liputan6.com merangkum dari instagram @suroboyo.ku dan juga menelusuri dari berbagai sumber mengenai lima destinasi wisata wajib di Surabaya.

1) Taman Bungkul

Taman ini didesan dengan konsep yang minimalis dan juga modern. Banyak hal yang dapat pengunjung lakukan ketika mengunjungi taman tersebut, di antaranya bersantai, berolahraga, dan juga berfoto ria.

Taman Bungkul bahkan pernah menyabet penghargaan sebagai taman terbaik se-Asia pada 2013 lalu. Penghargaan tersebut diberikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan diterima oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

2) Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya (KBS) dikenal sebagai kebun binatang terbesar se-Asia tenggara. KBS memiliki lebih dari 300 species hewan termasuk hewan langka di Indonesia. Namun, pada akhir 2013, KBS heboh lantaran tiba-tiba banyak hewan di sana yang mati secara berturut-turut, karena ada konflik yang berkepanjangan di antara pengurusnya.

Sehubungan dengan itu, perlahan pihak KBS telah melakukan berbagai perbaikan. KBS berada di Jalan Setail No.1, Surabaya, Jawa Timur dan buka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

 

Tugu Pahlawan
Tugu Pahlawan (sumber: iStockphoto)

3) Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa pertempuran 10 November 1945 lalu. Tugu yang terletak di Jalan Bubutan, Surabaya ini memiliki desain yang unik, yaitu dibangun dengan tinggi 41,15 meter, 11 bagian (tingkatan), dan memiliki denah berbentuk seperti segi 10 dengan permukaannya membentuk jalur-jalur lengkung vertikal. Selain itu, bagian puncak tugu tersebut dibentuk meruncing yang dilengkapi lampu berwarna merah, serta penangkal petir.

4) Kawasan Jalan Tunjungan

Kawasan Jalan Tunjungan kaya akan bangunan bersejarah jaman Hindia-Belanda. Sebut saja Gedung Siola, Hotel Yamato (sekarang namanya Hotel Majapahit) yang menjadi lokasi perobekan bendera Belanda (Merah-Putih-Biru), dan Monumen Pers. Selain itu, beberapa bangunan tersebut sudah di ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Pemerintah Kota (PemKot) Surabaya. Jalan ini pula sering dikunjungi oleh penggemar foto vintage, karena bangunan tuanya dapat dijadikan objek foto yang bagus dan menarik.

5) Pantai Ria Kenjeran

Pantai ini terletak di Jalan Pantai Ria Kenjeran, Surabaya dan buka mulai pukul  06.00-17.00 WIB. Pantai Ria Kenjeran merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat lengkap, karena di sana ada wahana permainannya, wisata air, taman-taman dan juga pantai. Di pantainya, anak-anak bisa menghabiskan waktu dengan bermain pasir, dan juga disediakan beberapa fasilitas lainnya seperti ayunan dan perosotan.

Lima tujuan wisata yang ada di atas itu dapat menjadi pertimbangan kamu ketika ingin jalan-jalan di Surabaya. Jadi, selamat bersenang-senang.

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara)