VIDEO: Menekuni Fotografi dengan Objek Miniatur Mini

Oleh Agustina Melani pada 20 Agu 2019, 17:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Hobi seni fotografi unik seperti fotografer yang memotret mainan miniatur figur atau semacam obyek boneka mini dengan setting latar belakang lokasi yang juga miniature masih langka di Indonesia.

Meski demikian, di Surabaya, ada salah satu fotografer yang menekuni fotografi dengan obyek mini. Salah satunya cak soekir. Ia terinspirasi dari seorang fotografer Jepang yang juga suka memotret obyek miniatur mini.

Ia mendapat kepuasan tersendiri jika berhasil memotret obyek dengan latar belakang terkesan hidup. Kebanyakan obyek foto merupakan benda mati, baik berupa miniatur figur manusia, rumah, barang, mobil, taman kota dan lain-lain.

Metode memotret dengan obyek mini dapat dilakukan dengan kamera handphone dengan mengutamakan konsep sang fotografer. Melalui hobi ini kita seolah diajak kembali ke memori waktu kecil dulu yang suka bermain mainan bonek kecil atau kartun bongkar pasang.

Dengan hobi yang digeluti sejak tiga tahun lalu, Cak Soekir menjadi ketua komunitas Indonesia miniature figure community (IMFC). Di komunitas tersebut, para anggota bisa berburu dan hunting foto miniature bersama, berbagi foto dan melakukan pameran foto bersama.