Sukses

VIDEO: Jemaah Haji Debarkasi Surabaya Kloter Pertama Tiba di Indonesia

Rombongan haji telah kembali ke Indonesia secara bertahap, debarkasi Surabaya menjadi salah satu rombongan yang pertama kembali ke Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Kloter pertama Embarkasi Surabaya tiba di Indonesia pada Minggu pagi, 18 Agustus 2019. 449 jemaah haji asal Magetan tiba di Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur dengan  menggunakan pesawat Saudi Arabia Airlines..

Saat tiba, petugas kesehatan pun menyediakan hingga 20 kursi roda untuk para jemaah haji yang terganggu kesehatannya.  Sedangkan satu orang saat ini masih dirawat di Saudi Arabia.

Saat turun dari pesawat, sejumlah jemaah tampak langsung  sujud syukur di apbron bandara. Sementara, jemaah lainnya langsung masuk ke dalam bus yang akan membawa mereka ke asrama haji Sukolilo di Surabaya, Jawa Timur. Demikian mengutip dari program Fokus, ditulis Selasa (20/8/2019).

Dari total 449 jemaah haji asal Magetan ini, satu di antaranya terpaksa ditinggal di Madinah karena harus menjalani perawatan medis karena kelelahan. Kemudian diganti jemaah lainnya asal  Jombang, Jawa Timur.

Sementara tiga jemaah lainnya pulang malam dalam keadaan sakit. Kemudian harus menjalani proses observasi di RS Haji Sukolilo, Surabaya.

Berbeda saat keberangkatannya, saat kedatangan jemaah haji kloter 1 ini petugas terpaksa menambah jumlah kursi roda karena jumlah jemaah yang menggunakan kursi roda bertambah hingga mencapai 12 jemaah. Selain itu, para jemaah pun menggunakan kursi roda karena kelelahan saat menjalankan ibadah di Tanah Suci.

Para jemaah haji kloter 1 Debarkasi Surabaya ini pun langsung dibawah ke asrama Haji Sukolilo Surabaya untuk menjalani pemeriksaan. Selanjutnya para jemaah haji dipulangkan ke daerah asal di Magetan, Jawa Timur.