Sukses

PLN Jawa Timur Targetkan Penurunan Gangguan 50 Persen, Ini Caranya

PLN terjunkan 2.270 personel dilengkapi dengan 456 unit chainsaw lengkap dengan mobil dan peralatan lainnya diterjunkan untuk memangkas pohon atau tanaman yang melingkupi ROW.

Liputan6.com, Surabaya - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, menggelar pasukan bebas Right of Way (ROW), yang serentak dilaksanakan di 16 Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) dan 114 Unit Layanan Pelanggan (ULP), Senin (19/08/2019). 

"ROW merupakan jarak aman jaringan listrik dari pohon ataupun bangunan yakni 3 meter ke kanan, kiri dalam bentuk spherical (bundaran)," tutur GM PLN UID Jatim, Bob Saril. 

Dia menuturkan, dalam kegiatan ini, 2.270 personel PLN dilengkapi dengan 456 unit chainsaw lengkap dengan mobil dan peralatan lainnya diterjunkan untuk memangkas pohon atau tanaman yang melingkupi ROW.

"Momentum HUT RI ke-74 ini dapat memberikan semangat dan memotivasi kita untuk fokus menyelesaikan permasalahan jaringan," kata dia. 

"Seperti yang kita ketahui, 80 persen penyebab gangguan disebabkan ROW. Maka dari itu, jangan sampai jaringan kita diliputi pohon atau tumbuhan," ia menambahkan.

Dia mengatakan, sejumlah 342 penyulang ditargetkan bebas ROW sampai dengan September 2019, masing-masing ULP diberikan target untuk bebas ROW sebanyak 3 Saluran Udata Tegangan Menengah (SUTM) 20 kV dengan kategori kronis, sakit, dan panjang. 

"Diharapkan aksi serentak ini dapat menurunkan gangguan jaringan turun hingga 50 persen. Penurunan gangguan sebesar 50 persen akan dapat meningkatkan kualitas pelayanan PLN masyarakat," ucapnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Koordinasi dengan Instansi Terkait

Bob Saril juga menekankan, pentingnya koordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) serta masyarakat di lingkungan pelaksanaan rabas agar kegiatan dapat berjalan lancar dan optimal.

"Dengan semangat tidak akan merusak estetika dan keindahan kota, sebelumnya PLN masing - masing unit telah bekerjasama dan berkoordinasi dengan DKRTH perihal ini," ujarnya. 

Untuk memastikan berjalan dengan lancar, Bob Saril juga memastikan kesiapan perlengkapan, kesehatan, dan keselamatan personel. 

“Untuk meningkatkan keandalan dan pelayanan terbaik kepada masyarakat, pastikan dalam kegiatan ini semua personel dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) dan utamakan keselamatan," ucapnya. 

Ia menuturkan, tiga aspek yang harus selalu diingat oleh petugas ketika bekerja adalah: Behaviour, Act dan Situation. Ketiganya diharapkan dapat dipastikan aman dalam pelaksanaan pekerjaan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.