Bagi Pecinta Kopi, 5 Coffee Shop Ini Wajib Dikunjungi di Surabaya

Oleh Dian Kurniawan pada 18 Agu 2019, 08:00 WIB
Diperbarui 19 Agu 2019, 11:36 WIB
(Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Liputan6.com, Surabaya - Olahan kopi sudah menjadi bisnis yang menjamur mulai dari warung kecil, cafe, hingga dalam mal. Tempat tersebut menjadi sasaran tempat berkumpulnya kawula muda. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut referensi beberapa coffee shop bagi pencinta kopi di Surabaya, Jawa Timur:

1. Threelogy 

Coffee shop instagramable ini wajib kamu kunjungi untuk menikmati kopi buatan barista ternama, atau hanya sekadar berswafoto dalam interior yang berkonsep minimalis. Bertempat di dekat Taman Bungkul, tepatnya, Jalan Mojopahit No. 46 Surabaya. Menjadi tempat yang tepat untuk singgah setelah lelah berkeliling. 

Buka mulai jam 07.00 WIB hingga 21.00 WIB, juga cocok bagi para pekerja untuk dopping sebelum memulai aktivitas. Selain kopi kalian juga dapat menikmati makanan western dan fusion yang menjadi konsep dari coffee shop satu ini.

2. Pohon Kopi 

Kalian penikmat kopi robusta? ini tempatnya. Berdiri sejak 2011 dan terkenal dengan sebutan PoPi, bagi sebagian pencinta kopi khususnya di kota pahlawan sudah tidak asing lagi mendengarnya.

Mengusung konsep coffee-to-go pada awal pembentukannya, tak banyak coffee shop Surabaya yang mempraktikkan pada zamannya.  Dengan melalui proses pengolahan sendiri, dari pemilihan biji kopi hingga roasting, membuat kualitas kopi sajian PoPi konsisten tiap sajiannya. Bagi penikmat kopi arabica jangan khawatir, karena tersedia juga racikan arabica yang tak kalah nikmatnya.

Bertempat di jalan Manyar Jaya VA/27-1, banyak dijadikan jujukan mahasiswa/I sekitar untuk bercengkrama atau menyelesaikan tugas. Untuk coffee shop satu ini jangan terlalu pagi datangnya ya, karena buka mulai pukul 11.00 – 02.00 (dini hari).

3. TBRK Rumah Kopi 

Yang satu ini tempat baru, tapi sudah menjamur di beberapa sudut kota Surabaya. Mengusung konsep vintage, coffee shop satu ini tak kalah apik untuk ber-swafoto.

Menggunakan perabotan rumah yang unik sebagai furniture memiliki daya tarik sendiri untuk menambah gaya background foto Anda.  Sang pemilik dengan waktu terhitung cepat sudah memiliki 3 titik untuk mendekatkan diri dengan pelanggannya.

Tepatnya TBRK Manukan, SAQ Rungkut, dan Ngagel. Kalau melewati sekitar wilayah itu, bisa banget jadi referensi kalian. Tempat ini buka pukul 10.00-22.00. Kalau bosan dengan seduhan kopi yang biasanya disajikan panas, kalian bisa menikmati banyak menu es kopi yang tersedia. Dengan harga mulai 18.000-35.000 semua menu, TBRK enggak buat kantong Anda jebol. 

2 of 3

Suyalu Coffee

Biji Kopi
Ilustrasi Foto Biji Kopi (iStockphoto)

4. Suyalu Coffee 

Coffee shop ini cocok untuk kantong pelajar dan mahasiswa yang kebanyakan nongkrong tapi takut akhir bulan enggak bisa jajan. Terletak di jalan semampir selatan 2A/106. Dengan konsep hangat ala rumah sendiri, dijamin buat Anda betah berlama-lama di tempat ini.

Baru berumur 4 bulan, rumah pencinta kopi satu ini harus Anda kunjungi untuk menikmati racikan apik baristanya. Selain kopi kalian bisa menikmati menu wedang yang dibuat menggunakan Teknik Syphon yang biasa digunakan untuk penyeduhan kopi.

5. Kedai SIpulung 

Mau merasakan racikan kopi toraja asli dari asalnya? kalian bisa mampir ke sini. Berbagai kopi dari Sulawesi Selatan dapat dengan mudah kalian dapatkan di sini. "Sipulung" sendiri diambil dari bahasa Sulawesi yang berarti "ngumpul”.

Sesuai dengan arti namanya, kedai kopi ini juga menyediakan ruang bagi kalian yang membutuhkan tempat luas untuk komunitas. Namun, ingat enggak bisa lama-lama ya, karena jam operasionalnya mulai 09.00-23.00. Harga menu juga sangat terjangkau, mulai dari Rp 12.000-20.000. Cocokkan untuk kantong anak kampus?

 

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by