Sukses

5 Sajian Berbumbu Petis Khas Jawa Timur, Bikin Lidah Bergoyang

Sajian makanan khas Jawa Timur yang bisa kamu nikmati.

Liputan6.com, Jakarta Bagi masyarakat Jawa Timur, nama petis sudah tidak asing lagi karena sering digunakan sebagai bumbu makanan khas Jawa Timur. Petis merupakan bumbu masakan yang terbuat dari bahan utama rebusan udang atau ikan yang dimasak lagi hingga mengental seperti saus, lalu ditambahkan gula dan dikombinasikan dengan aneka rempah lainnya.

Bumbu petis bisa membuat cita rasa masakan menjadi lebih lezat. Petis memiliki rasa yang gurih dan manis dengan tampilan warna hitam pekat.

Bagi kamu yang menyukai sajian makanan bermbumbu petis, kamu bisa mencicipi beberapa makanan khas Jawa Timur ini. Makanan berbahan petis memang bisa dijumpai di kawasan Surabaya, Gresik, Lamongan, dan sekitarnya.

Berikut ada beberapa sajian makanan berbumbu petis Khas Jawa Timur yang bisa dicicipi dan dijamin bikin lidah bergoyang yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (14/8/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Rujak Cingur

Rujak Cingur khas Jawa Timur ini bisa dibilang salah satu kuliner paling populer. Mungkin hal ini sudah menjadi rahasia umum jika rujak cingur memanfaatkan petis sebagai bumbu utamanya.

Selain itu rujak cingur merupakan makanan tradisional yang unik dengan menyajikan cingur yang merupakam bagian dari mulut sapi. Rujak Cingur juga berbahan utama sayuran dan dikombinasikan dengan bumbu kacang yang dicampur bumbu petis sehingga rasanya sangat lezat.

3 dari 6 halaman

2. Lontong Kupang

Meski menggunakan nama Kupang, kuliner satu ini asli dari Jawa Timur. Kupang adalah sejenis kerang yang sangat kecil dan memiliki ukuran mirip biji kedelai atau sebesar biji beras.

Lontong Kupang disajikan dengan irisan lontong dan kuah bumbu petis berwarna coklat bening serta sedikit perasan jeruk nipis. Kemudian tambahkan sate kerang sebagai pelengkap, lontong kupat terasa sangat nikmat.

4 dari 6 halaman

3. Tahu Campur

Tahu campur merupakan salah satu kuliner khas Jawa Timur. Makanan ini disajikan dengan bahan sayur mayur seperti selada, taoge, mie kuning, tahu goreng dan perkedel singkong. Kemudian disiram dengan kuah kaldu yang berwarna coklat.

Selain itu tahu campur biasanya disajikan dengan tambahan kerupuk udang dan potongan daging. Tidak lupa juga ditambahkan bumbu petis dan sambal sebagai penyedap cita rasa.

5 dari 6 halaman

4. Lontong Balap

Kuliner yang disajikan dengan bumbu petis lainnya adalah Lontong Balap khas Jawa Timur. Kuliner yang satu ini cukup memiliki banyak penggemar ini, lebih nikmat jika disantap kala hangat.

Lontong Balap terdiri dari lontong yang diiris kecil, lalu diberi tambahan irisan tahu, lento,dan taoge setengah matang. Setelah itu baru disiram kuah secukupya. Tidak lupa tambahan petis yang tercampur dengan kuah lontong balap.

6 dari 6 halaman

5. Rujak Tolet

Rujak tolet memang cukup unik, penyajian rujak ini dengan paduan rasa petis yang dicampurkan dengan gula merah, kecap manis, dan gurihnya bawang putih goreng serta potongan cabe rawit.

Rujak tolet berbahan potongan buah, mulai dari nanas, mentimun, bengkoang, belimbing, pepaya, kedondong, ataupun beberapa buah lainnya. Ada juga tahu goreng sebagai pelengkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini