Program Siswa Mengenal Nusantara, Anak Gorontalo dan Jatim Saling Bertukar Budaya

Oleh Liputan Enam pada 13 Agu 2019, 18:30 WIB
6 BUMN Resmikan Program Siswa Mengenal Nusantara 2018 di Yogyakarta dan Kalimantan Tengah

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) melepas sekaligus menerima peserta Siswa Mengenal Nusantara (MSN) 2019 asal Provinsi Gorontalo, Senin malam, 12 Agustus 2019.

"Selamat datang siswa Gorontalo ke Jatim dan selamat jalan kepada siswa Jatim ke Gorontalo," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Jatim Hudiyono di sela acara pembukaan SMN 2019 di Surabaya, dilansir Antara.

Menurut dia, kegiatan itu mempunyai nilai luar biasa dan dengan cara seperti itulah siswa akan benar-benar bisa membangun serta mengontruksi pendidikan karakter.

"Anak Jatim yang ke Gorontalo akan mengenal budaya sana, dan sebaliknya anak Gorontalo mengenal Jatim. Ini sudah pelajaran pendidikan karakter yang tentu sangat bermanfaat," tutur dia.

Pria yang juga menjabat Kepala Biro Kesejahteraan Sosial Jatim tersebut berharap program SMN tak berhenti sampai di sini dan lebih baik ke depannya, sebab pertukaran pelajar semacam ini menjadi bagian sangat penting.

Program SMN ini merupakan salah satu kegiatan dalam BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) 2019 yang di khusus untuk Jatim dan Gorontalo akan berlangsung selama delapan hari.

Pesertanya berasal dari siswa SMA/SMK/SLB, yaitu sebanyak 47 siswa asal Jatim ke Gorontalo, sedangkan dari Gorontalo ke Jatim diikuti 27 siswa

Vice President CSR and SMEPP PT Pertamina Agus Mashud menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan rasa nasionalisme dan cintah Tanah Air kepada siswa.

"Kegiatannya berupa pertukaran pelajar dengan mengenalkan BUMN dan keragaman daerah provinsi tujuan," kata dia.

 

2 of 3

Selanjutnya

Pertamina, kata dia, bekerja sama dengan Pemprov Jatim untuk melakukan seleksi, membekali dan memberangkatkan siswa ke Gorontalo dan menerima siswa dari Gorontalo hasil seleksi PT Bank Mandiri selaku PIC untuk kemudian dilakukan pengenalan BUMN serta keragaman daerah Jatim.

Pada BHUN 2019, PT Pertamina (Persero) ditetapkan sebagai PIC pelaksana kegiatan BHUN di Jatim bersama BUMN lainnya sebagai Co-PIC, yakni PT INKA, PT Waskita Karya, PT PAL dan PTPN XI.

Pada kesempatan pembukaan, sejumlah atraksi kebudayaan kedua provinsi ditampilkan, seperti puisi, pantomim hingga pertunjukan drama cerita tradisional yang diperankan para siswa SMN 2019.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓