5 Wisata Sumber Mata Air Malang yang Wajib Kamu Kunjungi

Oleh Dyah Mulyaningtyas pada 13 Agu 2019, 10:10 WIB
Ilustrasi Kota Malang

Liputan6.com, Jakarta Kota Malang memang menjadi surganya wisata bagi masyarakat Jawa Timur. Terdapat sejuta tempat wisata yang disajikan oleh daerah yang mendapatkan julukan kota Apel tersebut. Mulai dari wisaya budaya, alam, modern, sejarah hingga wisata edukasi.

Wisata alam menjadi andalan Malang, mulai dari pantai dan juga air terjun. Baru-baru ini muncul banyak wisata alam baru di Malang, khusunya sumber mata air dengan spot-spot sumber mata air atau yang biasa dijuluki dengan spot underwater ini banyak diburu para wisatawan yang ingin menyegarkan diri.

Jika kamu sedang berada di Malang dan ingin mencari pemandian sekaligus spot underwater, Berikut 5 wisata sumber mata air yang telah dirangkum Liputan6 dari berbagai sumber, Selasa (13/8/2019). 

2 of 6

1. Sumber Sirah

Sumber Sirah
Mata Air Sumber Sirah, Malang. (shodiqin165/Instagram/Bintang Pictures)

Sumber Sirah ini berlokasi di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Gondanglegi, dan berjarak sekitar 20 km dari kota Malang. Spot Underwater di Sumber Sirah menjadi salah satu spot yang paling sering diburu para wisatawan.

Selain itu, terdapat tumbuh-tumbuhan air dalam kolam tersebut yang membuat banyak pengunjung tertarik untuk berenang karena airnya yang jernih, serta spot ini juga keren untuk berfoto di bawah air dan cocok untuk meluruhkan penat.

3 of 6

2. Sumber Mata Air Jenon

Saat mendengar sumber mata Air Jenon mungkin masih terasa asing. Pemandian Sumber Jenon berada di kawasan Desa Gunungronggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang.Sumber Jenon ini sangat jernih, dilengkapi dengan pemandangan yang asri serta warna airnya yang hijau kebiruan menjadi daya tarik tersendiri obyek wisata ini.

Selain itu sumber air ini berasal dari pegunungan di kaki Gunung Ronggo. air yang begitu jernih membuat kamu bisa melihat dasar sumber yang cukup dalam dan juga ikan-ikan yang berenang di dalam air.

Sumber Jenon terlihat semakin unik dengan adanya fosil akar pohon raksasa yang berada di dasar sumber dan akar tersebut terlihat dari permukaan karena air sumber sangat jernih.

4 of 6

3. Sumber Mata Air Maron

Sumber Mata Air Maron
Sumber Mata Air Maron (Sumber: Pixabay)

Sumber Maron terletak di Desa Pagelaran, Kecamatan Karangsuko, Malang. Sumber ini merupakan salah satu primadona sumber mata air di Malang. Sumber mata air ini bisa menjadi pilihan menarik untuk berlibur, dan yang menjadi daya tarik adalah air yang sangat jernih serta terdapat air terjun kecil di sana.

Selain itu kamu bisa merasakan body rafting yang super seru di sumber mata air maron, karena aliram sumber airnya mengalir cukup deras dari bawah pepohonan dan mebentuk kolam-kolam alami yang sangat jernih.

5 of 6

4. Sumber Mata Air Taman

Saat kamu datang ke Sumber Taman akan merasakan pemandangan dan suasana yang sangat nyaman. Sekeliling kolam sumber mata air dipenuhi dengan pepohonan besar dan rindang.

Pohon besar yang ada di sekitar pemandian Sumber Taman, telah berusia ratusan tahun. Berdasarkan legenda yang diyakini, lokasi mata air sumber taman ini dahulunya merupakan sebuah taman yang indah.

Selain itu mata airnya berasal dari dua batang pohon besar yang mengalirkan air melimpah. Jernihnya air membuat kamu bisa melihat dasar pemandian dengan sangat jelas.

6 of 6

5. Sumber Mata Air Kerabyakan

Meski tempatnya terbilang sederhana, sumber mata air ini cukup banyak diminati oleh wisatawan karena memiliki suasana sejuk. Sumber Kerabyakan terletak di Desa Sumber Ngepoh, Kecamatan Lawang, Malang.

Sumber mata air ini memiliki keunikan seperti kolam yang tersusun dari batu kali dan ditata melingkar di tepi kolam. Di Sumber Kerabyakan ini, kamu bisa menikmati pemandangan sawah dan panorama pegunungan yang begitu memukau.

Lanjutkan Membaca ↓