Sukses

Masyarakat India Suka Rawon hingga Telur Asin

Ratusan pelaku bisnis kuliner dan perhotelan serta tamu diplomatik di India berkesempatan mencicipi masakan-masakan khas Indonesia di acara puncak kegiatan International Hospitality Expo 2019

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan pelaku bisnis kuliner dan perhotelan serta tamu diplomatik di India berkesempatan mencicipi masakan-masakan khas Indonesia di acara puncak kegiatan International Hospitality Expo 2019 (IHE 2019) yang diadakan di India pada 7-10 Agustus 2019.

Sajian Indonesia ini disiapkan oleh empat chef selebritI Indonesia, Yuda Bustara, Gupta Sitorus, Primo Rizky dan Kevindra Soemantri yang hadir di India selama 10 hari sebagai bagian dari perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia–India yang diadakan KBRI di India . 

Dalam puncak acara IHE 2019 ini keempat chef yang dibantu salah satu mahasiswa teladan Universitas Podomoro, Jovan Hernando, menghadirkan berbagai masakan seperti Rawon Kambing, Nasi Basmati Daun Jeruk, Asinan Betawi, Terong Balado, Rujak Serut Aceh. Masakan-masakan tersebut dihidangkan kepada lebih kurang 300 orang dari pelaku jasa hospitality dari kalangan CEO, Managing Director, General Manager, dan Vice President hadir pada malam penganugerahan tersebut.

"Menu-menu Indonesia yang kami hadirkan pada dasarkan adalah menu yang memiliki kemiripan dengan masakan India baik dari sisi penggunaan bahan baku maupun teknik memasak.  Kami juga ingin membangun relevansi antara masakan-masakan yang kami buat dengan masyarakat India dengan sebisa mungkin menggunakan bahan baku yang familiar di masyarakat India," ungkap Gupta  dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (11/8/2019).

Di antaranya penggunaan beras basmati alih-alih beras biasa untuk resep nasi daun jeruk, atau penggunaan daging kambing atau domba untuk rawon yang cukup biasa di masyarakat India.

"Menu-menu ini mendapat sambutan luar biasa bahkan dari chef-chef India terkemuka yang hadir. Salah satu chef bahkan sempat 4 kali kembali ke area Indonesia untuk mencicipi kembali masakan-masakan kami,"ungkapnya.

Indonesia menjadi focus country pada kegiatan the 2nd International Hospitality Expo. Dengan menjadi focus country, Indonesia mendapatkan kesempatan mengisi 2 area yang berada di lokasi berbeda, yaitu di lokasi pameran dan di lokasi food hall. Stand masakan Indonesia turut mengisi sudut Asian Gourmet Safari pada Food Hall di arena International Hospitality Expo.

Kehadiran Indonesia pada sudut Asian Gourmet Safari turut melengkapi deretan peserta pada Food Hall yang diikuti oleh beberapa negara, antara lain Peru, Vietnam dan Myanmar. Sementara untuk satu stand Indonesia lainnya diisi dengan kegiatan promosi pariwisata Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Telur Asin hingga Kerupuk Habis Dilahap

Puncak dari kegiatan Indonesian Food Festival pada International Hospitality Expo adalah acara IHE 2019 Hospitality Awards yang merupakanajangpemberianpenghargaanbergengsibagipelakuterbaik di bidanghospitality di seluruh India.

Duta Besar RI untuk India, Sidharto Suryodipuro hadir sebagai tamu kehormatan pada acara tersebut dalam sambutannya menyampaikan rasa gembiranya atas dipilihnya Indonesia sebagai focus country pada kegiatan pameran besar di New Delhi.

"Dalam rangka peringatan 70 tahun hubungan diplomatik India dan Indonesia, KBRI New Delhi dan didukung oleh Kementerian Pariwisata Indonesia menyelenggarakan rangkaian kegiatan Food Festival dengan mendatangkan 4 orang chef terkenal dari Indonesia yang akan memperkenalkan Anda semua dengan cita rasa masakan Indonesia," ucap Sidharto.

Hal menarik yang cukupmembuat para chef dan juga staf KBRI New Delhi takjub adalah ternyata telur asin Indonesia habis dinikmati oleh tamu undangan.

Tidak menyangka jika masyarakat India menyukai telur asin yang dihidangkan berdampingan dengan rawon. Bahkan tidak hanya telur asin, sambal terasi dan kerupuk juga ludes tidak tersisa.

"Kami tidakmenyangka, ternyata masyarakat India juga menyukai telur asin, sambal terasi dan juga krupuk blek/putih," ujar Yuda Bustara.

Selain penyajianmasakan Indonesia, rangkaian kegiatan Indonesian Food Festival di IHE 2019 yang berlangsung dari 7 Agustus hingga 10 Agustus juga akan diisi dengan sesi Master Class oleh para chef kepada pelajar dari akademi perhotelan dan juga para chef dari hotel-hotel di New Delhi.

Selanjutnya, tunggu aksi para Chef Yuda Bustara, Gupta Sitorus, dan Kevindra Soemantri dalam rangkaian Indonesian Food Festival yang akan digelar di Leela Palace Hotel, 11-14 Agustus 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.