Salat Iduladha, 50 Ribu Jemaah Padati Masjid Al Akbar Surabaya

Oleh Liputan6.com pada 11 Agu 2019, 09:10 WIB
Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Liputan6.com, Jakarta Sekitar 50 ribu lebih jemaah mengikuti Salat Iduladha di Masjid Al Akbar pada Minggu (11/8/2019).  Dalam Salat Idul Adha yang bertindak sebagai imam adalah KH Ahmad Muzakky Alhafidz yang sehari-harinya sebagai imam rawatib masjid setempat.

Hadir mengikuti shalat Idul Adha adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, serta pejabat Forkopimda setempat.

Khatib salat Iduladha Masjid Al Akbar Surabaya, Masykuri Bakri menuturkan, saat ini lebih dari empat juta kaum muslimin dan muslimat berbagai usia sedang berkumpul di wilayah kota suci makkatul musyarofah menunaikan ibadah haji.

Mereka, kata dia, datang dari berbagai negara mengorbankan harta benda dan kesenangan diri, meninggalkan sanak saudara, memeras kekuatan fisik, melepaskan jabatan dan status sosial dengan ikhlas semata-mata mencari ridho Allah SWT.

Ia pun mengajak jemaah mendoakan seluruh umat Islam yang sedang menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, Makkah agar diberikan kesehatan, kekuatan dan kemudahan.

"Mudah-mudahan diberi kesehatan, kekuatan, kemudahan, kecerahan lahir dan bathin dalam melaksanakan berbagai amalan ibadah haji,” ujar dia di sela berkhutbah Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, Minggu pagi seperti dilansir Antara.

Khatib yang juga Rektor Universitas Islam Malang (Unisma) tersebut juga mengajak agar mendoakan jemaah pulang dengan selamat di Tanah Air serta menyandang predikat haji mabrur.

"Mari kita juga mengharap kepada Allah, mudah- mudahan semua yang hadir di majelis ini segera dipanggil untuk menunaikan ibadah haji,” ucapnya.

Selain itu, lanjut dia, sekarang hampir 1,5 miliar kaum muslimin di dunia serentak berduyun-duyun menuju tanah lapang dan masjid untuk menunaikan salat Idul Adha.

"Mereka datang dengan tulus serta penuh kesadaran, bukan karena dikerahkan, diinstruksikan atau disediakan angkutan, melainkan semata-mata didorong oleh semangat patuh dan taat yang bersemi dalam qalbu untuk menunaikan panggilan Rabbul Izzati," kata dia.

2 of 3

Jokowi Sumbang Sapi di Masjid Al Akbar Surabaya

Sapi
Ilustrasi sapi (iStockPhoto)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berkurban sapi untuk disembelih di Masjid Al Akbar Surabaya pada Idul Adha 1440 H.

Humas Masjid Al Akbar Surabaya, Helmy M.Noor, menyampaikan hal itu pada Jumat (9/8/2019). Pihak Masjid Al Akbar Surabaya menuturkan, secara simbolis dua sapi kurban milik Jokowi dan Khofifah Indar Parawansa akan diserahkan selesai salat Ied pada Minggu, 11 Agustus 2019. Sedangkan, dua sapi itu dijadwalkan akan tiba di Masjid Al Akbar pada Sabtu, 10 Agustus 2019.

"Salat Ied akan diadakan Ahad (Minggu-red). Insyaallah dihadiri Bu Gubernur (Jawa Timur-red). Dilanjutkan dengan penyerahan hewan kurban dari Presiden Jokowi kepada Masjid Al Akbar dan gubernur kepada Masjid Al Akbar. Itu diserahkan setelah salat Idul Adha," ujar Helmy, seperti dilansir suarasurabaya.net, Jumat, 9 Agustus 2019.

Hingga saat ini, Khofifah dan Forkompimda Jatim dijadwalkan akan melaksanakan salat Ied di masjid tersebut. Masjid Al Akbar baru akan menggeler penyembelihan hewan kurban pada Senin, 12 Agustus 2019 atau sehari setelah salat Ied digelar.

Helmy mengatakan, hal ini agar tidak ada penumpukan daging kurban. Sebab, semua masjid rata-rata menyembelih pada Minggu. Terkait pembagian daging ke masyarakat, Masjid Al Akbar Surabaya tidak menggunakan sistem kupon atau datang langsung ke masjid.

Daging kurban akan dibagikan langsung ke rumah-rumah warga bekerja sama dengan RT dan RW di lingkungan sekitar masjid tersebut.

 

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓