Sukses

Pemkab Gresik Bagikan 104 Hewan Kurban kepada Masyarakat Kota Wali

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik membagikan 104 hewan kurban berupa 29 ekor sapi dan 75 ekor kambing kepada masyarakat gunung di tepi pantai Gresik.

Liputan6.com, Gresik - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik membagikan 104 hewan kurban berupa 29 ekor sapi dan 75 ekor kambing kepada masyarakat gunung di tepi pantai (giri grisik atau disebut Gresik).

Penyerahan hewan kurban tersebut dilakukan oleh Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim di halaman parkir timur kantor Bupati Gresik pada Jumat (9/8/2019).

Qosim yang didampingi Sekda Gresik Andhy Hendro Wijaya secara simbolis menyerahkan sapi kurban kepada beberapa perwakilan masyarakat dari Nahdhaltul Ulama Gresik, Muhammadiyah Gresik dan LDII Gresik.

Selain ormas keagamaan tersebut, 29 sapi dan 75 ekor kambing ini bakal diserahkan kepada beberapa kelompok masyarakat dari pondok pesantren, panti asuhan, Takmir Masjid, kelompok masyarakat pengajian dan kelompok masyarakat lain yang membutuhkan.

Qosim mengapresiasi kepada beberapa perwakilan dari perusahaan yang telah hadir pada penyerahan hewan kurban kali ini.

"Semoga hewan kurban bantuan ini bermanfaat bagi yang menerima. Sesuai pesan Bupati Gresik, apapun keadaan hewan kurban terimalah dengan ikhlas. Meskipun misalnya ada yang kurang besar silahkan juga diterima dengan ikhlas," ujar Qosim.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Standar Pembagian Hewan Kurban

Menurut Qosim, standar sudah sangat layak untuk pembagian hewan kurban pada 2019. Bupati Sambari sangat menseleksi ketat pengadaan hewan kurban pada 2019.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Gresik, Sutrisno mengatakan, standar berat sapi yang disyaratkan adalah 380 kg per ekor sapi.

"Kenyataan di lapangan, panitia mendapatkan sapi yang lebih berat dari yang disyaratkan Bupati. Bahkan beberapa sapi sampai ada yang beratnya lebih dari 400 kilogram,"

Selain dari APBD Kabupaten Gresik, hewan kurban yang diserahkan kali ini ada sumbangan dari beberapa perusahaan di Gresik. Para perusahaan yang telah menyumbang ternak kurban sapi ini adalah, PT Wilmar Nabati sebanyak dua ekor sapi, PT PGN sebanyak dua ekor sapi, PT Semen Gresik satu ekor sapi, PT Petrokimia Gresik satu ekor sapi, PT Gresik Migas satu ekor sapi, PT PJB satu ekor sapi dan BPN Gresik sebanyak satu ekor sapi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.