Sukses

Tri Rismaharini Bakal Hadiri Kongres ke-V PDI Perjuangan di Bali

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma) memastikan bakal hadir dalam Kongres ke-V PDI Perjuangan di Bali, Kamis, 8 Agustus 2019.

Surabaya - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma) memastikan bakal hadir dalam Kongres ke-V PDI Perjuangan di Bali, Kamis, 8 Agustus 2019.

"Hadir besok, datang aku ke sana besok jam 07.00 WIB, aku naik pesawat," tutur Risma, seperti dilansir suarasurabaya.net, Rabu (7/8/2019).

Namun, Tri Rismaharini enggan membocorkan apa saja yang akan disampaikan dalam kongres PDI Perjuangan itu.

"Apa yang disampaikan, datang saja belum, acaranya saja belum mulai, masih besok," ujar dia.

Saat ditanya apa mungkin akan masuk dalam jajaran pengurus Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan, Risma enggan menanggapi lebih jauh. "Aku iki sopo rek. Aku ini opo, kamu onok-onok ae (saya ini siapa, kamu ada-ada saja-red),” kata dia.

Risma menjadi kader PDI Perjuangan itu sejak 2015 lalu. Saat itu, Risma mendapat Kartu Tanda Anggota (KTA) partai yang diserahkan langsung oleh Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto dalam forum Rapat Kerja Cabang Khusus (Rakercabsus) PDI Perjuangan Surabaya bersamaan dengan diberikannya rekomendasi maju di Pilwali Surabaya periode kedua atau tahun 2015.

Dalam Kongres ke-V di Bali besok, beberapa persiapan konsololidasi akan dibahas. Di antaranya, 19 pilkada yang ada di Jatim tahun 2020, termasuk Surabaya akan dibahas. 

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya juga akan hadir dalam Kongres ke-V PDI Perjuangan tersebut sebagai kepala daerah dua periode dan kader yang pernah diberi penghargaan oleh Megawati Soekarnoputri Ketua Umum sebagai kader ideologis terbaik PDI Perjuangan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kongres V PDIP Habiskan Rp 17,6 Miliar

Sebelumnya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan menggelar Kongres ke-V di Bali. Kongres yang diselenggarakan mulai 8-11 Agustus 2019 itu diperkirakan akan dihadiri belasan ribu pendukung dan simpatisan partai. Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto mengonfirmasi, sebanyak 2.200 orang akan hadir sebagai delegasi dan peninjau pada kongres yang akan diselenggarakan di Grand Inna Bali Beach, Sanur, Denpasar itu.

"Untuk tamu VVIP, VIP, delegasi, utusan dan peninjau pada Kongres PDIP ini sebanyak 2.200 orang," kata Hasto di Kantor DPD PDIP Bali, Jalan Banteng Baru Nomor 1 Denpasar, Jumat, 2 Agustus 2019.

Selain delegasi, Hasto memastikan kader dan simpatisan akan hadir pada kongres tersebut. Hingga saat ini, terkonfirmasi sebanyak 15 ribu kader dan simpatisan yang disebutnya sebagai penggembira yang sudah menyatakan kehadirannya pada kongres tersebut.

"Sampai hari ini penggembira sebanyak 15 ribu orang. Nantinya mereka akan ditempatkan di Lapangan Matahari Terbit. Akan ada festival budaya dan orasi politik," ujarnya.

Di sisi lain, Steering Committee (SC) Kongres ke-V PDIP, Djarot Syaiful Hidayat menegaskan panitia telah memesan 1.200 kamar hotel untuk peserta kongres.

"Kami sudah menyiapkan sebanyak 1.200 kamar yang kami pesan dari 13 hotel untuk peserta kongres. Semua biaya sudah kami selesaikan secara gotong royong. Biaya yang dikeluarkan sebanyak Rp17,6 miliar untuk kongres ini," ujarnya.

Ia menilai seluruh persiapan kongres telah selesai. Kemeriahan kongres sudah mulai dirasakan publik Bali meski forum pengambilan keputusan tertinggi di PDIP itu belum dimulai.

"Persiapan sangat baik mulai dari turun pesawat, masuk tol, kemeriahannya sudah terasa. Bendera-bendera partai sudah dipasang dan rapih. Ini adalah peristiwa politik yang luar biasa dan akan menyatukan seluruh potensi yang dimiliki oleh PDIP," jelas Djarot.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.