5 Rekomendasi Kuliner Legendaris di Jawa Timur, Wajib Dicoba

Oleh Putra Marenda pada 05 Agu 2019, 12:55 WIB
Diperbarui 06 Agu 2019, 18:14 WIB
5 Rekomendasi Kuliner Legendaris Jawa Timur, Wajib Dicoba

Liputan6.com, Jakarta Jika kamu sedang berkunjung ke Jawa Timur, mencoba kuliner legendaris adalah sesuatu yang wajib. Jawa Timur memiliki banyak kuliner legendaris yang khas dan hanya ditemukan di Jawa Timur saja.

Kuliner legendaris tersebut tentu akan sempurnakan perjalananmu di Jawa Timur. Banyak sekali makanan yang bercita rasa khas dan siap menggoyang lidahmu. Seperti Ayam Lodho khas Tulungagung hingga Rujak Soto khas Banyuwangi.

Cita rasa khas masakan Jawa Timur akan membuat pecinta kuliner termanjakan. Citarasa pedas, asin bahkan yang unik seperti makanan dari moncong sapi pun ada di Jawa Timur.

Penasaran kan di mana saja rekomendasi kuliner legendaris khas Jawa Timur? Berikut Liputan6.com rangkum dari beberapa sumber tentang rekomendasi kuliner legendaris Jawa Timur, Senin (5/8/2019).

2 of 6

1. Ayam Lodho Pak Yusuf Tulungagung

5 Rekomendasi Kuliner Legendaris Jawa Timur, Wajib Dicoba
5 Rekomendasi Kuliner Legendaris Jawa Timur, Wajib Dicoba (sumber: Instagram.com/ayamlodho)

Jika kamu berkunjung ke Tulungagung, maka kuliner yang wajib dicoba ialah Ayam Lodho Pak Yusuf. Ayam Lodho akan manjakan para pecinta kuliner pedas.

Ayam yang digunakan ialah ayam kampung. Ayam kampung kemudian dibumbui dengan bumbu pedas dalam bentuk santan.

Salah satu warung yang menyediakan kuliner legendaris ini ialah Ayam Lodho Pak Yusuf. Ayam Lodho Pak Yusuf bisa ditemukan di jalan raya Kedunglurah, Pogalan. Ayam Lodho Pak Yusuf sudah ada sejak 1987. Harga Ayam Lodho termasuk terjangkau mulai dari Rp 20.000.

3 of 6

2. Nasi Krawu Mbuk Su

5 Rekomendasi Kuliner Legendaris Jawa Timur, Wajib Dicoba
5 Rekomendasi Kuliner Legendaris Jawa Timur, Wajib Dicoba (sumber: Instagram.com/sbykulinerinfo)

Jika ingat Gresik maka kuliner yang teringat adalah nasi krawu. Nasi krawu ini memang disukai banyak orang karena memiliki cita rasa yang gurih dan sedap. Potongan daging di nasi krawu juga menjadi daya tarik makanan khas Gresik ini.

Rekomendasi nasi krawu yang nikmat di Gresik ialah Nasi Krawu Mbuk Su. Mbuk Su merupakan singkatan dari nama Bu Sufayyah, seorang yang dulunya sangat legendaris membuat nasi krawu di Gresik.

Nasi Krawu Mbuk Su bisa ditemukan di Jalan Raden Santri Nomor 19, Kebungson, Gresik. Harga nasi krawu ini cukup terjangkau, dengan membawa Rp 15.000 sudah bisa mendapatkan satu porsi Nasi Krawu.

4 of 6

3. Rujak Cingur Sedati Bu Nur Aini

5 Rekomendasi Kuliner Legendaris Jawa Timur, Wajib Dicoba
5 Rekomendasi Kuliner Legendaris Jawa Timur, Wajib Dicoba (sumber: Instagram.com/ratu_culinary)

Bila berkunjung ke Surabaya, maka jangan sampai melewatkan Rujak Cingur. Kuliner khas Surabaya yang begitu melegenda. Rujak Cingur memakai bahan sayur-sayuran dilengkapi dengan tahu, tempe dan moncong sapi yang dipotong-potong. 

Rekomendasi Rujak Cingur yang disarankan ialah Rujak Cingur Sedati Bu Nur Aini. Rujak Cingur Sedati Bu Nur Aini terkenal karena memiliki bumbu petis dengan kualitas terbaik. Rujak Cingur ini bisa ditemukan di Jalan Raya Sedati Gede No. 66, Sedati, Juanda, Sidoarjo, Surabaya. Harga satu porsinya sekitar Rp 30.000.

 

5 of 6

4. Warung Orem-orem khas Arema Malang

5 Rekomendasi Kuliner Legendaris Jawa Timur, Wajib Dicoba
5 Rekomendasi Kuliner Legendaris Jawa Timur, Wajib Dicoba (sumber: Instagram.com/dyodoran)

Jika ke Malang maka harus mencoba kuliner Orem-orem. Orem-orem ialah makanan yang bahan dasarnya ialah irisan tempe yang dimasak dengan kuah santan. Biasanya Orem-orem juga dimakan bersama lontong ataupun irisan daging ayam.

Warung Orem-orem yang terkenal dengan legendaris di Malang adalah Warung Orem-orem Khas Arema. Warung ini sudah berdiri sejak 1995.

Warung Orem-orem Khas Arema terletak di Jalan Blitar No. 14, Sumbersari, Lowokwaru, Malang. Harga Orem-orem di sini sangatlah terjangkau yakni dari harga Rp 7.000 sampai Rp 12.000 tergantung lauk yang dipesan.

 

6 of 6

5. Rujak Soto Mbok Mbret Banyuwangi

5 Rekomendasi Kuliner Legendaris Jawa Timur, Wajib Dicoba
5 Rekomendasi Kuliner Legendaris Jawa Timur, Wajib Dicoba (sumber: Instagram.com/chf_pennyb1asaaja)

Banyuwangi memiliki kuliner khas yang wajib dicoba yakni Rujak Soto. Soto yang diberi bumbu kacang yang legit dan kental.

Belum lagi, sayur rebus dicampur petis menambah rasa nikmat kuliner Rujak Soto. Isi komplit dari Rujak Soto ialah sayuran rebus, ketimun, potongan tahu dan tempe goreng, babat, telur puyuh dan lontong.

Kalau mencari Rujak Soto yang enak, direkomendasikan ke Rujak Soto Mbok Mbret. Rujak soto ini dapat ditemukan di Jalan Raya Jember, Benculuk, Banyuwangi.

Warung Rujak Soto Mbok Mbret berada tepat di depan bekas gedung bioskop Slyvia. Warung ini selalu ramai dari jam sepuluh pagi. Untuk harga, Rujak Soto satu porsinya sekitar Rp 20.000.

 

Lanjutkan Membaca ↓