Sukses

Wali Kota Mojokerto Imbau Masyarakat Jaga Kebersihan

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari mengatakan, atasi masalah sampah yang ada di Mojokerto sangat dibutuhkan peran dari semua pihak baik itu pemerintah dan masyarakat.

Liputan6.com, Mojokerto - Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari mengatakan, atasi masalah sampah yang ada di Mojokerto sangat dibutuhkan peran dari semua pihak baik itu pemerintah dan masyarakat. Ia pun mengimbau masyarakat setempat menjaga kebersihan terutama di area publik yang menjadi tempat perdagangan Benteng Pancasila dan alun-alun.

Ia mengatakan, fungsi pemerintah menjaga kebersihan area publik. Akan tetapi, dibutuhkan peran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan bersama-sama.

"Karena ini tidak bisa dikerjakan oleh pemerintah saja, harus bersinergi bersama. Yang punya fungsi dan peran paling penting adalah kesadaran masyarakat," kata dia seperti dilansir Antara, Kamis (1/8/2019).

Terkait kebersihan Benteng Pancasila dan alun-alun yang menjadi pusat kegiatan car free day setiap Minggu pagi, ia mengatakan peran serta pemerintah hanya sebatas pengendalian. Apa yang sudah menjadi komitmen bersama antara Pemerintah Kota Mojokerto bersama masyarakat melalui Satpol PP.

"Pengendalian terhadap area perdagangan (Benpas dan alun-alun) itu area perdagangan, yang mayoritas perdagangan dan pengunjungnya dari luar kota Mojokerto. Pengendalian di sana akan kita perkuat melalui Satpol PP,” kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbauan

Ia menuturkan, selama ini kegiatan car free day sering melebihi waktu sebagaimana komitmen awal yaitu dari yang semula selesai jam 9 bisa molor sampai jam 11. Hal itu berimbas pada petugas kebersihan yang sudah jamnya pulang dan tidak ikut dibersihkan.

"Pemerintah Kota Mojokerto sudah ada pengadaan lima unit TOA, nanti akan kita maksimalkan penggunaannya secara bertahap. Ini sebagai bentuk fungsi alat untuk mengendalikan, bagaimana tanggung jawab para pedagang sekaligus para pembeli ini bahwa car free day harus selesai jam 9," ujar dia.

Ika mengatakan, Benteng Pancasial tidak hanya ramai ketika car free day tetapi juga pada malam hari penuh pedagang. Oleh karena itu, pihaknya terus mensosialisasikan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan pentingnya kebersihan.

"Selain di PAPBD kami juga sudah menganggarkan pengadaan tempat sampah yang lebih banyak untuk diletakkan area publik," kata dia.

Ia mengimbay kebersihan Mojokerto adalah tanggung jawab bersama. Hal ini agar Mojokerto terhindar dari kekumuhan dan banjir saat musim penghujan.

"Mari seluruh masyarakat Kota Mojokerto juga  seluruh pengunjung area perdagangan yang datang ke Mojokerto kita bersama-sama jaga lingkungan. Jaga kota ini bersih dari sampah. Kita buang sampah pada tempatnya," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.