Sukses

Risma Segera Buka Laboratorium Anggrek di Eks Lokalisasi Sememi Surabaya

Pemberdayaan masyarakat di kawasan eks lokalisasi, menjadi salah satu komitmen yang terus dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Liputan6.com, Surabaya - Pemberdayaan masyarakat di kawasan eks lokalisasi, menjadi salah satu komitmen yang terus dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Salah satunya yang berada di eks lokalisasi Sememi, Jalan Sememi Jaya II, Tandes, Surabaya. Melalui laboratorium budidaya tanaman anggrek dan pengolahan jamur, Pemkot Surabaya ingin masyarakat di sana mendapatkan akses ekonomi yang lebih baik.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan, pembangunan kebun anggrek (Green House) sudah memasuki tahap akhir dan akan dibuka serta diresmikan bulan depan. Ia berharap, pembangunan kebun anggrek itu dapat menjadi salah satu akses ekonomi warga sekitar.

"Nanti warga di rumah-rumahnya itu bisa menjual anggrek, bisa menjual krispi jamur, nanti kita ajarkan itu, supaya mereka mendapatkan akses ekonomi,” kata Risma saat meninjau Kebun Anggrek Sememi, Sabtu (27/7/2019).

Ia menuturkan, setelah kebun anggrek ini diresmikan, warga akan dibantu untuk bibit tanaman tersebut. Diharapkan ke depan warga sekitar bisa melakukan budidaya tanaman anggrek di rumah masing-masing. 

"Jadi kami hanya membuat kebunnya (budidaya), kemudian warga yang menjual anggreknya, sambil nanti mereka kita latih supaya ke depannya mereka bisa sendiri," kata Risma.

Saat ini, terdapat sejumlah spesies anggrek yang ada di tempat budidaya tanaman tersebut. Seperti anggrek bulan (palaenopsis), vanda, dan dendobrium. Selain kebun anggrek, Risma mengaku, di tempat itu juga telah terbangun fasilitas laboratorium yang khusus untuk penelitian tanaman anggrek. 

Di laboratorium itu, Pemkot Surabaya juga menciptakan corak baru yang unik, hasil persilangan berbagai spesies anggrek. "Kita juga silang-silangkan itu (anggrek), jadi nanti supaya jenisnya bisa kaya lagi," imbuhnya.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kebun Wisata Anggrek

Wali kota perempuan pertama di Surabaya ini menyampaikan, untuk perkembangan selanjutnya pihaknya sedang menyiapkan lahan seluas 1,5 hektar untuk kebun wisata anggrek.

Lokasinya, berdekatan dengan tempat budidaya anggrek (Green House). Ia berharap wisata kebun anggrek itu nantinya dapat menarik wisatawan untuk datang. 

Ia optimistis, pembangunan wisata anggrek berdampak pada meningkatnya ekonomi warga sekitar. "Nanti itu yang sedang diurug (lokasi wisata) yang 1,5 hektar," ujar dia.

Ia mengungkapkan, dipilihnya anggrek untuk budidaya tanaman, karena sebelumnya pihaknya telah melakukan uji coba penanaman di tengah kota, dan hasilnya pun tumbuh dengan baik. 

Selain karena indikator udara Surabaya yang bagus, teknik penanaman anggrek juga menjadi salah satu strategi Wali Kota Risma agar tanaman itu bisa tumbuh dengan cepat. "Karena setelah saya mencoba di tengah kota kemudian balai kota, ternyata itu bisa tumbuh baik di Surabaya," ujar dia.

 

3 dari 3 halaman

Pengolahan Jamur

Selain budidaya tanaman anggrek melalui Green House, di tempat yang sama juga terdapat lokasi untuk pengolahan jamur. Budidaya jamur dipilih karena lebih mudah dan nilai ekonominya juga tinggi.

"Nanti (olahan jamur krispi) bisa dijual di sekolah-sekolah, yang jual nanti warga, mereka sudah kita ajari untuk pasca panennya, cuman kan ini produknya belum begitu banyak, nanti kalau sudah banyak mereka bisa memproduksi," pungkasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.