Menikmati Soto Gubeng Pojok Asli hingga Tapak Siring di Surabaya

Oleh Agustina Melani pada 28 Jul 2019, 04:00 WIB
Diperbarui 28 Jul 2019, 04:16 WIB
Ilustrasi soto

Liputan6.com, Jakarta - Soto merupakan salah satu makanan yang dapat ditemui di sudut kota di Indonesia, termasuk Surabaya, Jawa Timur.

Ada sejumlah soto yang dapat dinikmati di Kota Pahlawan ini meski bukan asal dari Surabaya. Salah satu Soto Madura yang termasuk salah satu makanan populer di Surabaya, Jawa Timur.

Soto ini ada yang berbahan dasar daging ayam, sapi, yang dilengkapi daun bawang, bawang goreng, jeruk nipis, dan sambal. Biasanya semangkuk Soto Madura ini juga dilengkapi dengan nasi putih.

Di Kota Pahlawan ini, ada sejumlah tempat makan yang menyajikan Soto Madura yang bisa jadi pertimbangan untuk menu pilihan makanan Anda. Seperti dikutip dari buku Food Report Surabaya, by Surabaya Food Patrol ada sejumlah makanan yang dapat jadi pilihan:

1.Soto Gubeng Pojok Asli

Tempat makan ini buka pukul 06.30-12.00 yang terletak di Jalan Kusuma Bangsa Nomor 30. Seperti dikutip dari buku Food Report Surabaya, soto ini terkenal di kalangan penggemar Soto Madura di Surabaya. Soto Gubeng Pojok Asli ini hanya buka dari pukul 06.30 pagi hingga 12 siang, dan digantikan oleh pedagang setelah waktu tersebut.

2.Soto Madura Wawan

Tempat makan ini buka 24 jam yang terletak di Jalan Mayjend Sungkono 86B. Tempat makan ini juga memiliki cabang antara lain di Jl Dr. H. Soekarno Nomor 437 (MERR IIC-Panduko), Galaxy Mall, dan JL HR Muhammad Nomor 123.

3. Soto Tapak Siring

Tempat makan ini buka pukul 07.00-21.00 yang terletak di Jalan Dharmahusada Nomor 14. Nama Tapak Siring ini berasal dari nama Jalan Tapak Siring, Surabaya,  tempat soto ini bertempat saat awal berjualan 30 tahun yang lalu.

Soto asli Madura ini dikenal unik karena proses memasaknya menggunakan kayu bakar sehingga menambah aroma khas yang tidak bisa didapat pada penggunaan kompor atau elpiji.

2 of 4

Sensasi Ayam Bakar dalam Kuliner Legendaris Khas Kediri Soto Bok Ijo Sejak 1969

Sensasi Ayam Bakar dalam Soto Bok Ijo, Kuliner yang Digandrungi Pemudik Sejak 1969
Soto Bok Ijo di Kelurahanan Tamanan Kediri, setiap harinya tidak pernah sepi pengunjung. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, dalam masa libur Lebaran dan sekolah seperti saat ini, kuliner khas Kediri, Soto Bok Ijo di Kelurahanan Tamanan setiap harinya tidak pernah sepi pengunjung. 

Antrean panjang mobil, maupun kendaraan roda dua dari berbagai daerah milik para pemudik terlihat terparkir berjajar. Soto Bok Ijo Tamanan, merupakan salah satu kuliner legendaris Kota Kediri yang terkenal kelezatannya.

Jadi tak heran, jika setiap momen lebaran tiba, Soto Bok Ijo Tamanan menjadi tujuan utama bagi para pemudik. Ada 10 orang pekerja yang setiap harinya mangkal di sana menyajikan Soto Bok Ijo Tamanan. Pada saat masa lebaran seperti sekarang, harga soto Bok Ijo Tamanan mengalami kenaikan harga Rp1.000 per porsi.

Jika sebelumnya harga soto dibanderol Rp6 ribu per mangkok, naik menjadi Rp7 ribu per porsi. Jika dibungkus dan dibawa pulang, harganya dipatok Rp8 ribu. "Harganya naik baru-baru ini, sebelumnya per porsi cuman 6 ribu," kata Adi karyawan Soto Pak No Bok Ijo Tamanan.

Menurut Adi, Soto Bok Ijo Tamanan sangat berbeda jika dibandingkan soto umum lainnya. Soto Bok Ijo bumbunya menggunakan santan dan lauknya memakai irisan ayam kampung. Jika masih terasa kurang lauknya, pembeli bisa kembali memesan hidangan ayam bakar yang dijual dengan harga bervariatif.

3 of 4

Soto Legendaris

Sensasi Ayam Bakar dalam Soto Bok Ijo, Kuliner yang Digandrungi Pemudik Sejak 1969
Soto Bok Ijo di Kelurahanan Tamanan Kediri, setiap harinya tidak pernah sepi pengunjung. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Ayam bakar Bok Ijo untuk paha harganya, Rp7 ribu, ati empat buah harganya Rp22 ribu, sayap 4 buah Rp17 ribu. Jika dipadukan, menu Soto Bok Ijo Tamanan dengan ayam bakar kenikmatan cita rasa yang tinggi, terasa klop di lidah.

Adi menambahkan, setiap hari Soto Bok Ijo Tamanan buka pukul 08.00 pagi hingga 01.00 WIB. Stok ayam yang disediakan mencapai 60 ekor. Namun, khusus momen Lebaran, stok ayam bakar sudah dipersiapkan kisaran 200 ekor per hari.

Para pemudik yang biasa mampir ke wisata kuliner Soto Bok Ijo Tamanan, biasanya berasal dari luar daerah seperti, Surabaya, Jawa Tengah, Jakarta, bahkan luar pulau sekali pun. Biasanya mereka datang ke Kediri untuk menyambangi sanak saudaranya.

Sekadar diketahui, Soto Ayam Bok Ijo Tamanan ini sudah melegenda sejak tahun 1969. Dikenal dengan sebutan Soto Bok Ijo karena lokasi berjualanya dulu di sekitar Bok Ijo atau jembatan hijau. Kini, lokasinya sudah berubah menjadi pertigaan di samping terminal Tamanan Kota Kediri.

4 of 4

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓