Taman Prestasi di Surabaya, Tempat Wisata Murah Segudang Fasilitas

Oleh Liputan6.com pada 27 Jul 2019, 08:00 WIB
Diperbarui 27 Jul 2019, 08:16 WIB
Hari Anak Nasional di Taman Prestasi

Liputan6.com, Jakarta - Surabaya, Jawa Timur memiliki banyak taman. Pada 2019, Pemerintah Kota Surabaya menambah sekitar 70 taman. Di Kota Pahlawan ini tampak hijau dengan kehadiran taman-taman tersebut.

Ada taman ini merupakan suatu langkah Pemerintah Kota Surabaya untuk membuat kota ini nyaman dan menjadi tujuan wisata bagi turis. Bila Anda berkunjung ke Surabaya, ada salah satu taman yang bisa Anda kunjungi dan letaknya berada di pusat kota. Taman tersebut bernama Taman Prestasi.

Taman Prestasi berada di Jalan Ketabang Kali No.6, Surabaya, Jawa Timur. Pengunjung bisa datang ke taman ini mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB, dan tidak dipungut biaya masuk.

Taman ini memiliki lahan mencapai luas 6.000 meter persegi. Taman ini juga menjadi salah satu taman yang paling populer di Surabaya. Taman Prestasi dibangun pada 1992 dan diresmikan pada 1995 oleh Marie Basofi Sudirman, istri dari Gubernur Jawa Timur periode 1993-1998.

Lokasi taman ini berada di pusat kota, sehingga hal itu menjadi alasan bagi banyak orang untuk mengunjunginya.  Nama Taman Prestasi itu sendiri mungkin berasal dari beberapa replika penghargaan yang ada di sini.

Penghargaan yang berhasil diraih oleh Kota Surabaya. Replika penghargaan itu diletakkan di titik tertentu di taman, antara lain Kota Raya Terbersih 1992, dan Wahana Tata Nugraha 1992.

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyediakan berbagai fasilitas umum di taman ini, antara lain arena bermain. Di arena tersebut, anak-anak dapat bermain seluncuran, jungkat-jungkit, ayunan, dan area bermain pasir pantai.

Selain itu, taman ini dilengkapi akses free WiFi, pengunjung juga bisa menikmati wisata perahu naga dan perahu dayung yang menyusuri Kalimas. Selanjutnya, ada fasilitas panggung terbuka dan panggung teater atau hiburan.

Yang lebih istimewanya lagi, taman ini menyediakan fasilitas bagi penyandang difabel, misalnya pintu masuk khusus dan guiding block. Tidak hanya itu, ada juga fasilitas jogging track di sepanjang taman ini, letaknya bersebelahan dengan Kalimas.

Taman Prestasi ini pula dilengkapi adanya toilet, mushola, dan gazebo bagi para pengunjung. Disini, pengunjung juga bisa kulineran, karena di area taman ada banyak penjual makanan seperti makanan bakso, soto, sambelan, dan aneka jajanan lainnya.

Seringkali ada pelajar yang datang ke Taman Prestasi, mereka memanfaatkan taman untuk berkreasi dan menyalurkan aspirasinya seperti melukis, dan belajar. Taman ini pula dihiasi dengan sekitar 21 jenis tanaman, sehingga suasananya asri dan nyaman untuk melepas penat.

Pemkot Surabaya memang totalitas dalam memfasilitasi setiap tamannya. Warga Surabaya saja sangat menyukai taman ini,  jangan ragu-ragu untuk menengok Taman Prestasi yang penuh dengan prestasi ini.

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara)

2 dari 3 halaman

Wisatawan Asing Juga Tertarik Desain Taman Bungkul

Taman Bungkul, Surabaya
Taman Bungkul adalah salah satu objek wisata keluarga di Surabaya (Foto: ragamnusantara.info)

Sebelumnya, selain dikenal sebagai Kota Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur juga terkenal dengan sebutan kota taman. Bahkan baru-baru ini, Wali Kota Tri Rismaharini menambah sekitar 70 taman di Surabaya, Jawa Timur.

Siapa tahu mengawali pekan Anda dengan berkunjung ke taman menjadi bagian rencana untuk menjalani agenda harian. Apalagi usai penat melakukan aktivitas di kantor di awal pekan, berkunjung ke taman menjadi salah satu pilihan Anda.

Nah, salah satu taman yang bisa menjadi pilihan yaitu Taman Bungkul. Dari riset yang dilakukan Enciety Business Consult pada 2017, Taman Bungkul menjadi salah satu taman favorit untuk dikunjungi.

Mengutip laman Surabaya.go.id, Taman Bungkul terletak di jalur protokol Surabaya dengan luas 900 m2. Taman ini menggunakan konsep taman minimalis dan modern yang membuat taman ini memikat masyarakat Surabaya. Selain itu, taman ini juga direvitalisasi dengan konsep sport, pendidikan dan hiburan.

Tak hanya masyarakat Surabaya saja yang tertarik untuk mengunjungi taman ini tetapi juga wisatawan asing yang penasaran dengan desain Taman Bungkul. Letak Taman Bungkul yang berada di tengah kota ini juga menjadi daya tarik untuk dikunjungi. Apalagi taman memiliki desain yang apik dengan tanaman hijau yang rimbun menambah asri kota.

Selain itu, Taman Bungkul juga mendapatkan penghargaan sebagai taman terbaik se-Asia pada 2013. Penghargaan tersebut diberikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 26 November di Jepang. Penghargaan ini juga diterima langsung oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓