Wisata Alam Kota Malang, Ini 4 Spot Liburan yang Anti-Mainstream

Oleh Afifah Cinthia Pasha pada 24 Jul 2019, 12:15 WIB
Wisata Lumayang

Liputan6.com, Jakarta Malang menjadi kota kedua terbesar di Jawa Timur setelah Surabaya, dan memiliki atmosfer sejuk khas dataran tinggi. Hal ini menjadikan Malang sukses menarik perhatian para pecinta wisata di Indonesia. 

Malang raya adalah salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia. Wisata Malang sendiri tak akan habis jika kamu eksplorasi satu persatu.

Malang kini menjadi salah satu kota terbaik di Indonesia yang menawarkan gaya hidup urban modern dengan berpusat pada pertanian dan keindahan alam. Jadi siapa pun penikmat wisata akan bisa mendapatkan hiburan yang menguntungkan semua anggota keluarga.

Jika kamu punya rencana untuk berlibur ke Malang, tak perlu khawatir karena Malang menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk kamu kunjungi.

Malang juga memiliki banyak tempat wisata alam yang keren yang tak kalah dengan kota besar lainnya. Malang juga punya banyak spot objek wisata keren, mulai dari situs budaya, situs bersejarah, spot foto kekinian, sampai wisata alam yang sangat memanjakan mata.

Berikut wisata kota Malang yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/7/2019).

2 of 5

1. Pulau Sempu

Wisata Kota Malang
(Sumber: iStockphoto)

Pulau Sempu disebut sebagai salah satu surga dunia. Pulau yang terletak sekitar 75 km dari pusat kota Malang ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Wisata kota Malang ini merupakan kawasan cagar alam yang dikelolah oleh pemerintah kota.

Yang paling menarik di sini adalah Segara Anakan yang merupakan sebuah danau di tengah pulau dengan luas 4 hektar.

Segara Anakan menjadi daya tarik utama tempat wisata di Malang ini. Air dari telaga berasal dari ombak laut selatan yang masuk melalui lubang tebing di sisi danau ini. Air di danau dingin dan sangat jernih sampai kamu bisa melihat dasar danau dengan mudah. Di sini, kamu bebas berenang, bahakan memancing.

3 of 5

2. Omah Kayu Paralayang, Batu

Wisata Kota Malang
(Sumber: iStockphoto)

Wisata alam kota Malang ini menyediakan 6 buah rumah pohon yang masing-masing dapat menampung 3 orang. Pemandangan dari atas rumah pohon ini pastinya sangat luar biasa. Kamu bisa menikmati hijaunya pepohonan gunung di siang hari dan indahnya lampu kota di malam hari.

Konon, pemandangan paling indah di wisata alam kota Malang ini adalah pada saat matahari terbit. Di dalam rumah pohon ini juga tersedia ranjang dan peralatan makan. Kamar mandi dengan fasilitas air panas juga tersedia di bagian luar.

4 of 5

3. Pantai Balekambang

Wisata Kota Malang
(Sumber: iStockphoto)

Malang nyatanya tak hanya menyajikan panorama keindahan gunung maupun dataran tinggi. Di Malang kamu juga dapat menikmati keindahan daerah pesisir bagian selatan yang tentunya indah dan tak kalah cantik dibandingkan Bali. Salah satu destinasi pantai di Malang yang wajib dikunjungi adalah pantai Balekambang.

Pantai ini sepintas mirip dengan pantai di Bali. Wisata alam kota Malang ini mirip dengan Tanah Lot dimana di pantai tersebut terdapat Pura di pulau kecil yang berdekatan dengan pesisir. Pura tersebut bernama Pura Amerta Jati dan berdiri di atas pulau bernama Pulau Ismoyo.

Di pantai tersebut kamu dapat menikmati keindahan sunset dengan siluet dari Pura dengan bangunan yang khas. Saat air di pantai tersebut surut akan terlihat batu karang yang cukup eksotis di bibir pantai. Di sepanjang pantai dengan panjang mencapai 2 kilometer ini terdapat tiga buah pantai kecil dengan nama-nama tokoh pewayangan, yakni Pantai Anoman, Pantai Wisanggeni dan Pantai Ismoyo.

5 of 5

4. Coban Pelangi

Wisata Kota Malang
(Sumber: iStockphoto)

Wisata kota Malang, Coban Pelangi terletak di Kecamatan Tumpang atau sekitar 132 km dari pusat kota Malang. Tempat wisata kota malang ini berada di ketinggian 1.299 meter di atas permukaan laut, sehingga udaranya sangat sejuk dan nyaman untuk bersantai.

Jika beruntung, kamu bisa melihat pelangi di antara aliran air terjun setinggi 30 meter ini. Selagi menunggu munculnya pelangi, kamu bisa bermain air di tepi air terjun, menikmati kuliner di warung atau duduk di pendopo yang ada. 

Lanjutkan Membaca ↓