Sukses

Begini Jurus Perguruan Tinggi di Surabaya Kenalkan Dunia Kampus Lewat Ospek

Beberapa perguruan tinggi di Surabaya, Jawa Timur menegaskan tidak ada perpeloncoan saat Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) pada mahasiswa baru.

Surabaya - Beberapa perguruan tinggi di Surabaya, Jawa Timur menegaskan tidak ada perpeloncoan saat Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) pada mahasiswa baru. Perguruan tinggi akan memberikan sanksi jika perpeloncoan tetap dilakukan.

Kepala Jurusan Teknik Elektromedik Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Surabaya, Andjar Pudji mengatakan, pihaknya memberikan materi Ospek atau di Poltekkes dinamakan Pengenalan Program Studi Mahasiswa (PPSM) agar tidak ada praktik perpeloncoan.

"Selama empat hari mulai dari tanggal 22-25 Juli ini kami memberikan berbagai materi seperti pengenalan kampus, materi antinarkoba yang menggandeng BNN (Badan Narkotika Nasional, red) dan juga bhakti kampus," kata Anjar, seperti dikutip dari suarasurabaya.net.

Dia menyatakan, sejak beberapa tahun lalu tidak ada aktivitas perpeloncoan di kampusnya saat PPSM. Hanya berupa perkenalan antara mahasiswa baru dan mahasiswa lama.

"Di sini sejak beberapa tahun lalu sudah tidak ada perpeloncoan. Tapi memang ada perkenalan dengan senior-senior. Jika ada perpeloncoan, dari kampus akan memanggil pihak panitia diberikan teguran sehingga ada rambu-rambu dan tetap terkontrol," kata Anjar.

Direktur Kemahasiswaan Universitas Airlangga Surabaya, Hadi Subchan menuturkan, di kampusnya mahasiswa baru selama masa Ospek akan diberi materi terkait pendidikan karakter, pendidikan wawasan kebangsaan.

Selain itu, ada juga pendidikan serta tanam pohon bersama yang dikemas dalam kegiatan bernama PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru).

PKKMB, kata Hadi, dilaksanakan oleh kampus dan dibiayai juga oleh kampus. Artinya Unair Surabaya bertanggung jawab dan mengontrol penuh kegiatan tersebut.

"Jika ada perpeloncoan kami akan memberi sanksi akademis. Jika ada unsur pidana akan diproses sesuai ketentuan hukum positif," ujar Hadi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerja Kolektif Bersama Masyarakat

Sementara itu, Kepala Lembaga Informasi dan PMB Universitas Muhammadiyah Surabaya, Radius Setiawan mengungkapkan, saat Ospek mahasiswa baru di kampusnya akan diarahkan pada kerja kolektif bersama masyarakat, seperti membersihkan sungai, sampah dan sejenisnya.

UMS juga tidak segan memberikan sanksi tegas jika terjadi peloncoan saat ospek. Menurutnya, indikasi perpeloncoan akan mudah dideteksi melalui verifikasi agenda yang dilakukan kampus.

"Kampus melalui biro kemahasiswaan sebelumnya melakukan verifikasi agenda, jadwal acara dan hal-hal teknis yang akan diterapkan dalam ospek. Jadi dari proses itu, hal-hal yang bersifat perpeloncoan pasti terdeteksi," ujarnya seperti dilansir Antara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.