Sukses

Pemkab Sidoarjo Dukung Pengembangan Wilayah Pesisir Timur

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur mendukung pengembangan wilayah pesisir timur, terutama yang ada di Kecamatan Jabon yang belum bisa tergarap dengan baik.

Liputan6.com, Sidoarjo - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur mendukung pengembangan wilayah pesisir timur, terutama yang ada di Kecamatan Jabon yang belum bisa tergarap dengan baik.

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah mengatakan, potensi-potensi yang ada di desa-desa Kecamatan Jabon ini bisa terus dikembangkan.

"Terutama wilayah pesisir dan juga wisata lautnya," kata dia di sela pemberangkatan KKN Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) di Pendopo Kabupaten Sidoarjo, seperti dilansir Antara.

Dirinya juga mengapresiasi, terbitnya buku berjudul "Menguak Potensi Kecamatan Jabon" yang diterbitkan oleh Unusa.

"Semoga dengan adanya buku ini, potensi di seluruh desa kecamatan Jabon dapat tersebar luaskan di masyarakat umum," katanya.

Di Jabon, kata dia, terdapat wisata juara sungai Tlocor, dan juga pulau dari endapan luapan lumpur Sidoarjo yang ini bisa terus dikembangkan untuk penelitian ekosistem.

"Karena Kecamatan Jabon memiliki berbagai potensi untuk jadi destinasi wisata masyarakat umum," ucapnya.

Ia menuturkan, saat ini lahan pertanian dan perikanan yang ada di Kabupaten Sidoarjo sekitar 15 ribu hektae dan dari jumlah tersebut banyak pantai yang direklamasi untuk dijadikan tambak.

"Terutama pada saat dilihat dari udara, banyak pantai yang direklamasi untuk tambak, salah satunya tanaman bakaunya," kata dia.

Oleh karena itu, pihaknya mendorong supaya dilakukan reklamasi dengan menanam bakau, supaya kondisi alam kembali terjaga.

"Tidak hanya itu, pengembangan Bandara Juanda jika ingin dibangun landasan pacunya juga harus melakukan reklamasi, itu yang bisa dilakukan. Selain itu, untuk wisata Sea World juga bisa dibangun di Sidoarjo," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Potensi Desa di Kecamatan Jabon

Sementara itu, Rektor Unusa, Achmad Jazidie, mengungkapkan, buku tersebut berisikan segala hal yang berkaitan dengan potensi desa-desa yang ada di Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo, mulai dari potensi investasi, pertanian, perikanan, kelautan, peternakan, budaya.

"Kami ingin memberikan bukti bahwa desa-desa yang ada di Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo kaya akan segalanya, baik hasil bumi, tradisi dan budaya masyarakat, hingga peluang investasi yang sangat menjanjikan. Bukti tersebut tidak hanya melalui brosur, majalah, tapi juga dalam bentuk buku," kata Jazidie.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.