Sukses

Intip Kerennya 7 Taman di Surabaya

Surabaya selain dijuluki Kota Pahlawan, juga disebut Kota Taman. Berikut tujuh taman yang bisa Anda datangi ketika berkunjung ke Surabaya, Jawa Timur.

Liputan6.com, Surabaya - Surabaya selain dijuluki Kota Pahlawan, juga disebut Kota Taman. Pohon-pohon dan tanaman yang menghiasi taman di setiap sudut kota membuat Surabaya lebih asri dan bersih.

Bahkan Pemerintah Singapura tertarik belajar penataan lingkungan terutama taman dari Surabaya. Ini juga didorong dari kesuksesan Surabaya meraih penghargaan Special Mention Lee Kuan Yew World City Prize 2018.

Pada 8 Juli 2018, Menteri Pembangunan Nasional dan Sumber Daya Manusia Singapura, Zaqy Mohamad pernah menuturkan, Singapura memang memiliki taman dan lanskap yang modern.

Akan tetapi, ia menilai Surabaya punya keunggulan pada penataan lingkungan yang lebih hijau dan asri. Selain itu partisipasi masyarakat yang tinggi dalam menjaga lingkungannya.

"Di Singapura, kami puny ataman-taman yang bagus, tetapi sepertinya tidak sehijau yang ada di Surabaya," ujar dia.

Nah, menyusuri taman-taman yang ada di Surabaya dapat menjadi alternatif untuk berwisata. Dikutip dari www.surabaya.go.id, Liputan6.com merangkum tujuh taman di Surabaya yang patut datangi ketika berkunjung ke kota tersebut, seperti ditulis Selasa (9/7/2019):

1. Taman Buah Undaan

Merupakan salah satu taman yang tematik di Surabaya yang bertemakan buah-buahan. Buah-buahan itu membentuk satu kesatuan nan asyik dengan aneka wahana permainan anak-anak yang ditata apik dan diintegrasikan dengan areal bermain tersebut. Berlokasi di Jalan Undaan (Undaan Kulon-Undaan Wetan).

2. Taman Bungkul

Taman Bungkul yang terletak di jalur protokol Surabaya dengan luas area 900m2 yakni Jalan Darmo terdapat makam salah seorang tokoh yang dipercayai menyebarkan agama Islam era Majapahit.

Taman ini menggunakan konsep taman yang minimalis dan modern telah membuat Taman Bungkul memikat warga kota. Merupakan revitalisasi taman dengan konsep sport, education dan entertainment. Taman ini juga meraih penghargaan The Asian Townscape Award 2013 dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai taman terbaik di Asia pada 2013.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Taman Kunang-Kunang

3. Taman Kunang-Kunang

Disebut demikian karena terdapat miniatur kunang-kunang didalamnya. Terletak di Jalan Penjaringan Sari, dan berada diantara dua bangunan rumah susun dengan latar belakang putih.

Disertakan beberapa fasilitas yaitu lapangan futsal, lapangan basket, ayunan, taman bermain, sehingga taman ini menjadi kawasan bermain yang cocok untuk semua kalangan.

4. Taman Persahabatan Indonesia - Korea

Terletak di Jalan Dr. Soetomo merupakan taman yang merekam budaya Korea dan Indonesia atau Surabaya.

Taman ini sebagai prasasti kerja sama antara dua negara, antara Surabaya-Indonesia dan Korea Selatan pernah menjalin kerja sama di berbagai bidang. Taman ini masih teduh dan asri sehingga akan membuat betah pengunjung yang datang ke sini. 

3 dari 3 halaman

Taman Prestasi

5. Taman Prestasi

Berada di Jalan Ketabang Kali dengan luas 6000m2. Taman ini dihiasi sekitar 21 jenis tanaman, sehingga terasa nyaman untuk melepas penat. Area ini dilengkapi panggung terbuka, panggung teater dan sarana permainan anak. Terdapat juga replika penghargaan yang pernah diraih Kota Surabaya, seperti Wahana Tata Nugraha, Adipura Kencana, dan lain sebagainya.

6. Taman Lansia

Berada di kawasan Jalan Biliton dengan luas 2594m2, dilengkapi sarana track yang dibuat khusus untuk kenyamanan para lansia yang didesain sesuai kebutuhan dan keperluan orang lansia. Taman Lansia juga dilengkapi sarana bermain anak, taman berbunga, gemericik air mancur, jalur refleksi yang dilengkapi dengan tiang-tiang penyangga bagi pejalan kaki yang sudah sepuh.

7. Taman Skate & BMX

Terletak di Jalan Ketabang Kali, konsep taman dihadirkan untuk mengakomodir penggemar olahraga ekstrim antara lain sepeda BMX dan Skate Board sehingga rancangan desainnya sangat disesuaikan dengan kebutuhannya. Sarana yang disediakan mulai dari yang amatir maupun professional.

Jadi, Taman Surabaya mana yang ingin kamu kunjungi?

 

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.