Sukses

Angkut Puluhan Penumpang, Kapal Kayu dari Pulau Goa Goa Tenggelam

Informasi sementara yang kami dapat, 28 penumpang berhasil diselamatkan, termasuk di antaranya seorang ABK

Liputan6.com, Surabaya - Kapal motor terbuat dari kayu yang memuat puluhan penumpang dan berlayar dari Pulau Goa Goa ke Pelabuhan Kalianget, Sumenep, Madura, Jawa Timur, tenggelam.

Kepala Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya Dwi Budi Sutrisno menyatakan, masih mendata jumlah korban kapal tenggelam yang berhasil diselamatkan.

"Saya juga masih menunggu kronologis yang masih disusun oleh Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kalianget," katanya saat dikonfirmasi di Surabaya, Senin (17/6/2019).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur Kombes Frans Barung Mangera mengatakan, masih menghimpun data dari kejadian kecelakaan laut di Kecamatan Raas, Kabupaten Sumenep, tersebut.

"Sementara korban yang dipastikan meninggal dunia berjumlah dua orang," ujarnya dilansir Antara.

Kantor Badan Nasional dan Pencarian (Basarnas) Surabaya memastikan telah memberangkatkan tim penolong yang Senin sore telah berlayar dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ke lokasi kejadian menggunakan Kapal Negara (KN) SAR 225 Widura.

Media Center Basarnas Surabaya menginformasikan kapal yang tenggelam bernama KM Amin Jaya dengan jumlah penumpang 40 orang, serta dua orang anak buah kapal (ABK).

"Informasi sementara yang kami dapat, 28 penumpang berhasil diselamatkan, termasuk di antaranya seorang ABK," kata petugas Basarnas Surabaya Tholib Mahameru.

Selain dua korban yang dinyatakan meninggal dunia, menurut data yang dihimpun Basarnas Surabaya, 12 penumpang lainnya dinyatakan hilang, termasuk nakhoda yang teridentifikasi bernama Arim.

"Para penumpang kapal tenggelam yang selamat dan meninggal ditangani oleh petugas medis di Puskesmas Dungkek, Kabupaten Sumenep," ucap Tholib.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.