Sukses

PSY-EXO Ukir Prestasi di Golden Disk Awards Ke-28

PSY meraih piala Digital Daesang untuk single 'Gentleman' sedangkan EXO berhasil memenangkan Disk Daesang berkat album 'XOXO'.

Golden Disk Awards, penghargaan musik bergengsi yang diadakan tiap tahun sebagai bentuk penghargaan kepada musisi Korea Selatan, sukses digelar di Grand Peace Palace, Kyunghee University, Seoul, Korea Selatan, Kamis (16/1/2014).

Seperti yang dilansir dari Allkpop, Kamis (16/1/2014), penghargaan musik paling bergengsi di Korea Selatan ini yang sekaligus pada tahun ini diselenggarakan untuk ke-28 kalinya, memberikan dua piala utamanya kepada EXO dan PSY.

Pada Golden Disk Awards tahun ini, PSY berhasil membawa pulang piala Digital Daesang berkat single Gentleman. Penghargaan ini diberikan untuk performer yang memiliki single dengan penjualan digital terbaik.

Sedangkan EXO berhasil meraih piala Disk Daesang (Top Album) untuk XOXO yang sukses terjual lebih dari 1 juta copy dari versi asli dan repackage. Kemenangan ini sekaligus mengantar SM Entertainment mengamankan piala bergengsi tersebut selama enam tahun berturut-turut.

Kemenangan ini sekaligus memperlihatkan dominasi SM Entertainment dimulai dari kemenangan TVXQ berkat Mirotic (2008). Super Junior menang di tahun berikutnya dengan Sorry, disusul Oh! dari Girls' Generation (2010). SuJu kemudian kembali menang di 2011 dan 2012 dengan Mr. Simple serta Sexy, Free and Single.

Perwakilan dari pihak SM Entertainment menanggapi pencapaian ini dengan mencoba meningkatkan kualitas mereka.

"Secara umum musik dan penampilan kami mendapat banyak reaksi positif. Tapi isi (musik) bagi kami menjadi hal yang paling penting. Jadi kami berusaha untuk meningkatkan kualitas album," ujarnya.

Golden Disk Awards ke-28 juga memberikan penghargaan kepada idol-idol lain seperti Girls' Generation, Crayon Pop, SHINee dan Beast. Ajang penghargaan yang kerap disebut sebagai Korean Grammy Awards ini dipandu oleh Minho, Jung Yong Hwa, Yoon Doo Joon, Tae Yeon dan Tiffany.


Berikut daftar pemenang Golden Disk Awards ke-28:


Kategori Album:

Disk Daesang: EXO
Records of the Year: EXO, B1A4, f(x), Infinite, Beast, Girls' Generation, Cho Yong Pil
New Rising Star: Roy Kim, Bangtan Boys
Most Popular Star: SHINee, Beast
Hip Hop Award: Baechigi
Goodwill Star Award: CN Blue
Producer Award: CEO Cube Entertainment Hong Seung Sung



Kategori Lagu:

Digital Daesang: PSY
Records of the Year in Digital Releasing: A Pink, Davichi, 4Minute, CN Blue, Sistar, 2NE1, Lee Seung Chul
New Rising Star: Crayon Pop, Lim Kim
Most Popular Star: Girls' Generation, Roy Kim
Ceci Asia Icon Award: SHINee, Sistar
Executive Comitte Special Award: Jeon In Kwon

Baca juga:

EXO dan f(x) Tampil Bawakan Lagu Milik Seniornya
Giliran EXO Dapat Pujian Dari Billboard
PSY Gandeng Seleb Ternama di Videoklip Terbaru
Snoop Dogg Akan Muncul di Videoklip PSY Terbaru?
Garap Videoklip Terbaru, PSY Siap Beraksi Kembali

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini