Sukses

Band Rock Journey Sumbang Korban Topan di Filipina

Vokalis Journey berasal dari Asia Tenggara, sehingga mereka memutuskan menyumbangkan US$ 350 ribu untuk Program Pangan Dunia atau WFP.

Dukungan dan bantuan terhadap korban topan Haiyan di Filipina, terus mengalir. Dari kalangan selebritas, para personel band rock Journey termasuk salah satunya.

Seperti dimuat Female First, Senin (18/11/2013), band rock asal San Francisco, Amerika Serikat itu telah menyumbangkan US$ 350 ribu atau sekitar Rp 4 miliar lebih. Sumbangan ini sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap para korban topan Haiyan yang menerjang Filipina pada 8 November lalu.

Ribuan warga tewas dan ratusan ribu lainnya kehilangan tempat tinggal setelah topan Haiyan menghancurkan sejumlah wilayah di Filipina. Banyak ahli menggambarkan topan yang mengakibatkan air tinggi seperti tsunami itu sebagai salah satu bencana terburuk dalam sejarah modern.

Sang vokalis Journey, Arnel Pineda, berasal dari Asia Tenggara. Dengan demikian, para personel Journey memutuskan menyumbangkan US$ 350 ribu untuk Program Pangan Dunia atau WFP. Dalam pesan yang dirilis ke penggemar mereka di Filipina, Pineda menulis. "Jangan berhenti percaya... Bantuan segera datang."

Journey dibentuk pada 1973 di San Francisco, California, AS, dari mantan anggota band Santana. Grup ini telah mengalami bongkar pasang formasi. Puncak kesuksesan komersial berlangsung dari akhir dekade 1970-an hingga awal era 1980-an.

Selama berada di puncak sukses, Journey menghasilkan serangkaian lagu-lagu rock dan power ballad, termasuk di antaranya Don't Stop Believin, Separate Ways (Worlds Apart), Faithfully, Any Way You Want It, Open Arms, Send Her My Love, Wheel in the Sky, Who`s Crying Now, Stone in Love, Lovin, Touchin, Squeezin, dan Lights.

Saat ini Journey digawangi Neal Schon (gitar, vokal), Ross Valory (bas, vokal), Jonathan Cain (keyboard, gitar, vokal), Deen Castronovo (drum, perkusi, vokal), dan Arnel Pineda (vokalis utama).

Merujuk data Asosiasi Industri Rekaman Amerika Serikat (RIAA), album Journey telah terjual sebanyak 47 juta kopi di AS hingga menjadikannya grup musik terlaris nomor 28. Sementara, penjualan album di seluruh dunia telah mencapai lebih dari 75 juta kopi. Adapun jajak pendapat USA Today pada 2005 yang menanyakan kepada responden mengenai grup musik rock terbaik dalam sejarah AS, Journey berada di peringkat ke-5.(Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.