Sukses

Pensiun, Hayao Miyazaki Dipaksa Buat Film Animasi Lagi

Sineas animasi Jepang Hayao Miyazaki yang baru saja menyatakan diri untuk pensiun dari dunia perfilman, baru-baru ini mendapat tanggapan cukup mengejutkan dari rekannya sesama sutradara untuk film-film anime.

Sutradara Isao Takahata yang juga bagian dari penciptaan Studio Ghibli bersama Hayao Miyazaki, sempat meluapkan pemikirannya kepada pers mengenai pensiunnya Hayao Miyazaki.

"Miyazaki berkata, 'Kali ini, saya serius,' tapi saya pikir ada kesempatan layak yang mungkin akan berubah. Saya pikir begitu, mengingat saya sudah mengenal dirinya sejak lama. Jangan terlalu kaget jika hal itu terjadi," ungkap Isao seperti dikutip dari Anime News Network (7 November 2013).

Saat itu Isao mengatakannya di konferensi pers Tokyo pada Kamis lalu sambil menandai selesainya pembuatan Kaguya-hime no Monogatari (The Tale of Princess Kaguya), film yang digarapnya lagi setelah 14 tahun tak berkarya.

Ketika Isao ditanya apakah Kaguya-hime no Monogatari menjadi judul pertamanya tanpa Hayao, ia malah menjawab, "Miyazaki masih di sini, jadi saya belum memikirkan hal itu. Saya menduga ia sudah menontonnya, tapi saya belum mendengar komentar darinya."

Ditanya mengenai masa depan Studio Ghibli, Hayao pun menyatakan bahwa hal itu menjadi wewenang produser Toshio Suzuki dan Hayao Miyazaki. Sehingga, ia merasa tidak memiliki tanggung jawab untuk ikut turun tangan.

The Tale of Princess Kaguya akan tayang perdana di Jepang pada 23 November 2013 mendatang dan menjadi film selanjutnya Studio Ghibli setelah The Wind Rises.(Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini