Sukses

Bendera Merah Putih Saksi 3 Astronot Indonesia ke Luar Angkasa

Perjuangan menembus tiga besar dilalui dengan perjuangan yang tak mudah.

Muhammad Sidharta (25), peserta AXE Apollo Space Academy (AASA) Indonesia, terpilih untuk mengikuti pemusatan latihan sekaligus tahapan seleksi astronot yang akan berangkat ke luar angkasa di AASA Global Space Camp di Orlando, Florida, Amerika Serikat pada Desember mendatang.

Bersama dua rekannya, Rizman Adhi Nugraha, dan Abraham Gamaliel Figrana, ia akan mempersiapkan kondisi fisik dan mental untuk bisa menjalani sejumlah pelatihan di AASA Global Space Camp. Sebab, hanya ada satu diantara mereka yang benar-benar mendapatkan kesempatan untuk terbang ke luar angkasa.

"Saya akan berusaha untuk bisa lolos ke tahap berikutnya sehingga mewujudkan impian saya untuk pergi ke luar angkasa dan menjadi astronot pertama asal Indonesia pergi kesana," ucap Sidharta, peserta AASA Indonesia asal Yogyakarta, saat ditemui di AXE Apollo Space Academy (AASA) Indonesia Headquarter, Jakarta, Sabtu (28/9/2013).

Menurut Sidharta, perjalanan menembus tiga besar dilaluinya dengan perjuangan yang tak mudah. Saat namanya masuk dalam deretan 40 finalis yang menjalani pemusatan latihan di AASA Indonesia Headquarter selama tiga hari, Sidharta langsung mempersiapkan diri dengan maksimal.

"Saya ikuti semua tantangan yang diberikan di AASA Indonesia. Saya berusaha menjadi calon astronot yang tidak hanya bisa pergi ke luar angkasa, tapi juga mengharumkan nama Indonesia di sana," kata Sidharta, yang diketahui berstatus sebagai mahasiswa Universitas Gadjah Mada ini.

Ia mengetahui tantangan yang bakal dihadapinya saat berada di Amerika Serikat bersama calon astronot dari negara lain begitu besar. Ia pun akan membayar perjuangannya selama mengikuti proses seleksi hingga karantina dengan misi mengharumkan nama bangsa Indonesia.

"Kalau saya berhasil ke luar angkasa, saya akan bawa bendera Merah Putih dan akan saya kibarkan dipesawat. Saya juga akan membawa bendera almamater kampus saya di UGM," janji Sidharta.(Gie/ADV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini