Sukses

6 Film Bertema Tinju Terbaik

Dari berbagai judul bertema tinju yang ada, terdapat beberapa judul yang bisa dianggap terbaik. Apa saja?

Bermain sebagai seorang atlet di sebuah film, pastinya membuat beberapa aktor maupun aktris dituntut untuk bisa menjaga stamina dan bentuk tubuhnya agar bisa terlihat ideal. Sehingga, saat tampil di layar pun mereka bisa membuat penonton merasa seperti menyaksikan acara olahraga.

Terlebih lagi, jika para aktor harus bermain sebagai atlet tinju. Pastinya mereka pun dituntut harus terlihat kekar dan gagah saat tak mengenakan baju. Selain itu, para aktor harus bisa tampak sesuai kelasnya masing-masing seperti di dalam naskah yang ada.

Akan tetapi tidak hanya fisik yang wajib diperhatikan, kualitas akting pun harus tetap dijaga. Sehingga, film berjenis tinju yang dimainkan oleh para aktor tidak terkesan datar dan monoton.

Dari berbagai judul bertema tinju yang sudah ditayangkan, ada yang menceritakan profil para petinju, ada juga film yang berbau fiksi. Namun hal itu tak masalah mengingat pentingnya kualitas isi film di mata penonton. Berikut judul-judul film terbaik yang berkutat seputar tinju.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman


1. Raging Bull
Aktor Robert De Niro mampu berakting dengan sangat baik saat memerankan tokoh Jake LaMotta yang diambil dari sosok petinju di kehidupan nyata.

Di dalam film ini, terdapat beberapa unsur drama dengan alur cerita yang disuguhkan melalui kehidupan pribadi Jake LaMotta yang cukup kontroversial sejak awal karier hingga pensiun dari dunia tinju.

Mendapat pengarahan dari sutradara Martin Scorsese, film ini mendapat banyak penghargaan dan pujian dari pengamat maupun penonton.
3 dari 7 halaman


2. Ali
Diambil dari kisah nyata petinju Muhammad Ali, film ini menyuguhkan kiprah sang petinju sejak 1964 hingga 1974 dimana ia meraih gelar sebagai petinju kelas berat hinga di saat ia memeluk agama Islam.

Film ini juga menyuarakan kritiknya terhadap perang Vietnam serta isu-isu politik dengan membawa kasus Malcolm X dan Martin Luther King, Jr. yang dibunuh selama masa kepresidenan Lyndon B. Johnson.

Sutradara Michael Mann mampu meracik akting Will Smith yang sangat mewakili kehidupan Muhammad Ali sebagai petinju. Akan tetapi banyak yang mengeluhkan beberapa kekurangan dalam hal meramu unsur cerita yang ada di dalamnya.
4 dari 7 halaman


3. The Hurricane
Judul film ini diambil dari julukan petinju Rubin Carter yang juga menjadi karakter utama film ini. Berkisah mengenai petinju kelas menengah bernama Rubin Carter alias "Hurricane" yang dihukum karena tiga kasus pembunuhan di sebuah bar di New Jersey. Sehingga, ia pun terpaksa menerima hukuman penjara selama 20 tahun

Di sepanjang film, kita melihat bagaimana kehidupan Rubin Carter selama di penjara dan upayanya melawan tuduhan yang ditujukan kepadanya. Banyak juga kisah-kisah inspiratif yang membuat para penggemar olahraga tinju terharu dengan gambaran di dalam film ini.

The Hurricane dibintangi oleh Denzel Washington dan disutradarai oleh Norman Jewison. Film yang settingnya diambil antara tahun 1966 dan 1985 ini sempat mengundang kontroversi akibat beberapa kesalahan dalam menampilkan kehidupan serta kasus yang menimpa Rubin Carter.
5 dari 7 halaman


4. Cinderella Man
Kisah di dalam film ini bukanlah fiksi, dan cerita yang ditampilkan mampu menyuguhkan unsur drama yang sangat kental hingga meluluhkan hati para penonton.

Diambil dari salah satu tokoh juara tinju kelas berat James J. Braddock, Cinderella Man memperlihatkan bagaimana usaha James sewaktu kembali menjadi petinju setelah tangannya cedera berat.

Dimainkan oleh Russell Crowe, Cinderella Man mendapat arahan sutradara Ron Howard. Sayangnya, meskipun banyak yang memuji hasilnya, namun film ini jatuh di pasaran.
6 dari 7 halaman


5. Million Dollar Baby
Mengetengahkan seorang pelatih tinju yang selalu diremehkan, film ini menghadirkan tokoh petinju wanita yang diperankan Hilary Swank. Selaku sutradara, Clint Eastwood juga memainkan perannya sebagai tokoh utama.

Kisah Million Dollar Baby berkutat mengenai sang pelatih bernama Frankie Dunn yang melatih petinju wanita amatir bernama Maggie dengan ambisi bisa meraih gelar juara untuk pertama kali.

Film ini meraih banyak penghargaan dan sukses besar di box office. Sehingga, ini menjadi salah satu karya terbaik yang pernah digarap oleh Clint Eastwood.
7 dari 7 halaman


6. Rocky
Siapa yang tidak kenal dengan karakter Rocky Balboa yang sempat menjadi idola di kalangan para penggemar tinju dan penikmat film? Dibintangi oleh Sylvester Stallone, film ini menyajikan berbagai macam adegan tinju yang sangat menarik.

Rocky mengetengahkan kisah seorang petinju yang memiliki cita-cita untuk mendapat gelar juara di kelas berat. Akhirnya, Rocky pun memulai perjuangannya untuk bisa meraih impiannya sebagai petinju yang disegani.

Mendapat arahan dari John G. Avildsen, film ini sukses meraih banyak penghargaan dan juga pujian. Bahkan Rocky masuk ke dalam daftar American Film Institute.(Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini