Sukses

4 Cara Thomas Djorghi Bisa Tidur Nyaman

Tidur adalah suatu keharusan. Sebab, di saat itulah hormon pertumbuhan bekerja, tubuh memulihkan kondisi, dan membuang racun.

Tidur adalah suatu keharusan. Sebab, di saat itulah hormon pertumbuhan bekerja, tubuh memulihkan kondisi, membuang racun, serta menyegarkan tubuh. Tapi ada juga yang sulit tidur alias menderita insomnia. Ada pula yang tidurnya tidak nyaman. Saat bangun pagi justru lelah seperti selesai bekerja. Kalau kamu memiliki gangguan tidur tapi bosan dengan cara yang biasa dilakukan, 4 cara Thomas Djorghi berikut ini bisa jadi masukan:

1. Buat suasana senyaman mungkin
"Kalau kamar panas, aku nggak bisa tidur. Susah banget pastinya buat nutup mata. Aku harus ngebuat suasana tempat tidur jadi senyaman mungkin. Caranya, tentu berkaitan dengan suhu ruangan. Mungkin agak cheesy, tapi aku harus pakai AC supaya nyaman. Selimut aku gunain buat penghangat tubuh. Kadang aku juga pakai penutup mata kalau ada cahaya yang ngeganggu."

2. Hindari merokok
"Aku pernah ke dokter dan disaranin konsumsi nikotin, kafein, dan alkohol kira-kira empat sampai enam jam sebelum tidur. Kenapa? Soalnya ketiganya itu merupakan zat yang menstimulasi tubuh untuk tetap terjaga. Detak jantung bakal lebih cepat kalau ngopi. Yang ada bukannya ngantuk tapi melek terus-terusan. Jangan ngerokok juga kalau mau tidur supaya fresh sebelum hibernasi."

3. Ngemil sebelum tidur
"Biasanya ngemil juga supaya gampang tidurnya. Kan kalau kelaparan atau kekenyangan bisa ngeganggu saat tidur. Aku ngemilnya beda. Pakai susu... Susu itu perangsang tidur alami. Itulah kenapa minum segelas susu hangat sebelum tidur biasanya sangat disarankan. Nah, makan juga boleh, tapi jangan yang berat-berat ya. Soalnya habis makan, darah bakal ngalir lebih banyak ke lambung. Berkurangnya darah di otak ngebuat ngantuk lebih cepat."

4. Mandi air hangat
"Yang paling asyik sebelum tidur supaya nantinya nyaman, ya mandi air hangat. Pertama, rasanya seger banget. Kedua, suhu tubuh bakal menurun dan bikin ngantuk kalau habis mandi."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.