Hayao Miyazaki Jelaskan Alasannya Pensiun dari Dunia Animasi

Oleh Rully Riantrisnanto pada 09 Sep 2013, 18:50 WIB
Diperbarui 09 Sep 2013, 18:50 WIB
hayao-miyazaki-130909c.jpg
Perbesar
Maestro di dunia anime, Hayao Miyazaki baru-baru ini dikabarkan mundur dari jabatannya sebagai sutradara. Pendiri Studio Ghibli itu, akhirnya menyelenggarakan jumpa pers demi menjelaskan alasannya pensiun pada 6 September 2013 lalu.

Dilansir dari Tokyo Hive (7 September 2013), sewaktu muncul di jumpa pers Hayao sempat tersenyum lalu berkata, "Saya adalah orang yang telah menimbulkan banyak kegemparan dengan mengatakan bahwa saya akan berhenti, tetapi kali ini, saya serius."

Lalu, Hayao pun melanjutkan, "Sejak 'Ponyo', butuh waktu 5 tahun untuk membuat 'Kaze Tachinu'. butuh waktu 5 tahun. Jika saya mulai berpikir mengenai film selanjutnya, 5 tahun tidaklah cukup.

"Di usia sekarang ini, dalam 3 bulan, saya akan mencapai 73. Jika membutuhkan waktu 7 tahun, saya akan menjadi 80. Ketika saya suka untuk melanjutkan pekerjaan untuk 10 tahun lainnya, saya pikir hari-hari film animasi saya telah sampai ke tahap akhir."

Membahas masa depannya, Hayao Miyazaki pun mengomentari, "Saya bebas. Selama saya bisa mengemudi, saya berpikir mengenai pergi ke studio setiap hari. Saya merasa masih ada hal-hal untuk dilihat selama saya beristirahat.

"Saya berpikir tentang melakukan hal-hal yang saya inginkan sebelumnya. Dan itu bukanlah animasi saya. Saya tidak mengatakannya karena akan memalukan jika saya tidak bisa melakukannya."

Di dalam konferensi pers tersebut, Hayao Miyazaki dikunjungi oleh sekitar 600 wartawan termasuk yang berasal dari media asing. Selain Hayao, hadir juga produser Studio Ghibli bernama Toshio Suzuki dan presiden Koji Hoshino.(Rul)