Sukses

Aktor-aktor Tua di Film Adaptasi Komik Terbaru

Banyak sudah nama-nama aktor senior yang bermain dalam film adaptasi komik. Siapa sajakah mereka?

Menapaki karier di dunia film selama lebih dari 3 dekade, tidak menyurutkan minat beberapa aktor yang sudah lanjut usia untuk terus tampil di film-film terbaru era 2010an ini. Genre yang dijajaki pun tidak dipermasalahkan, yang penting, kualitas filmnya lebih baik dibandingkan dengan beberapa judul yang sudah pernah mereka mainkan sebelumnya.

Salah satu genre yang cukup diminati oleh para aktor lawas tersebut adalah pahlawan komik atau superhero. Beberapa judul film yang sebelumnya sudah sangat dikenal oleh para penikmat komik, cukup menggelitik beberapa aktor lanjut usia ini untuk turut bergabung di dalamnya.

Lalu siapa sajakah para aktor yang telah maupun akan bermain dalam film adaptasi cerita komik rilisan 2010an ini? Berikut deretan-deratannya:

Kevin Costner dalam Man of Steel
Aktor lawas kelahiran 18 Januari 1955 silam ini, sempat tenar melalui perannya sebagai Robin Hood dalam film 'Robin Hood: Prince of Thieves'. Kevin Costner juga sempat tenar setelah bermain dalam film-film lain seperti 'The Untouchables', 'Dance with Wolves', hingga 'JFK'.

Peran Kevin Costner sebagai Jonathan Kent dalam 'Man of Steel', menandai debutnya bermain film adaptasi komik Superman di era 2010 saat usianya sudah mulai lanjut. Akting Kevin sangat menyentuh di dalam film adaptasi komik terbitan DC itu, terutama saat Jonathan harus berpisah dengan Clark Kent untuk selamanya.

Michael Caine dalam The Dark Knight Rises
Siapa sangka Michael Caine yang masih bisa berakting dengan sangat baik dalam film trilogi 'Batman The Dark Knight' ini sudah berusia 80? Aktor kelahiran 14 Maret 1933 ini, menjajaki aktingnya pertama kali sejak pertengahan 1950an.

Dari sekian banyak film yang telah dijajakinya, terdapat beberapa judul yang mendapat sorotan hingga melambungkan namanya, diantaranya adalah 'Zulu', 'The Italian Job', 'Battle of Britain', 'Educating Rita', 'Hannah and Her Sisters', hingga 'The Cider House Rules'.

Sejak 2005, Michael Caine bermain untuk film Batman pertamanya dalam 'Batman Begins'. Ia memerankan karakter Alfred Pennyworth, salah satu tokoh komik yang merupakan pelayan Bruce Wayne.

Dalam 'The Dark Knight Rises' yang dirilis pada 2012 lalu, Michael bermain sebagai Alfred kembali. Walaupun usianya sudah sangat lanjut, akting Michael tergolong sangat bagus. Bahkan, ia juga terhitung dominan saat memerankan tokoh Alfred.

Ben Kingsley dalam Iron Man 3
Terlahir di Inggris pada 31 Desember 1943, Ben Kingsley merupakan salah satu aktor ternama yang masih sangat dihormati hingga kini. Perannya sebagai Mohandas Gandhi dalam film 'Gandhi' yang rilis1982 silam, menghantarkannya ke panggung Academy Award sebagai aktor terbaik.

Tak hanya Gandhi, terdapat juga film-film lain yang melambungkan namanya seperti 'Schindler's List', 'Prince of Persia: The Sands of Time', serta 'Hugo' yang mampu membuatnya tenar.

Pada 2013 ini, Ben Kingsley menapaki film bertemakan superhero. Masuk ke dalam jajaran nama pemain di Iron Man 3, Ben Kingsley memerankan tokoh jahat utama dari adaptasi komik Iron Man, The Mandarin. Tokoh yang kemudian diketahui bernama asli Trevor Slattery ini, menjadi kontroversi di kalangan fans komik Marvel serta para penikmat film.

Martin Sheen dalam The Amazing Spider-Man dan The Amazing Spider-Man 2
Aktor kelahiran 3 Agustus 1940 ini memang belum pernah masuk ke dalam jajaran nominasi Academy Award. Namun perannya di beberapa film, membuatnya diklaim sebagai salah satu aktor terbaik Hollywood. Sebut saja film-film seperti 'Badlands', 'Apocalypse Now', 'Wall Street', serta 'The Departed' yang sukses dimainkannya.

Pada 2012 lalu, Martin berperan sebagai Ben Parker, sosok paman dari Peter Parker dalam 'The Amazing Spider-Man'. Kabarnya, Ben Parker akan muncul kembali di dalam sekuelnya dengan Martin sebagai pemerannya lagi. Namun belum diketahui dalam adegan apa Ben Parker akan muncul, mengingat karakter yang diperankannya tewas saat di tengah-tengah film.

Patrick Stewart dalam The Wolverine dan X-Men: Days of Future Past
Patrick Stewart terkenal melalui perannya sebagai Kapten Jean-Luc Picard dalam serial televisi 'Star Trek: The Next Generation' serta beberapa film Star Trek lainnya yang ceritanya sejalan dengan serial televisi tersebut.

Saat aktor kelahiran 13 Juli 1940 ini berperan sebagai Profesor X di film-film X-Men, namanya pun langsung dikenal di kalangan generasi baru pecinta komik Marvel di kala itu. Patrick Stewart pun langsung menjadi ikon karakter Profesor X versi film.

Ia kembali muncul di akhir film The Wolverine bersama Ian McKellen. Dalam sekuel X-Men yang berjudul 'X-Men: Days of Future Past', Patrick Stewart bermain kembali sebagai Profesor X versi masa depan.

Ian McKellen dalam The Wolverine dan X-Men: Days of Future Past
Ian McKellen menjadi salah satu aktor lanjut usia yang paling aktif dalam bermain film. Aktor kelahiran 25 Mei 1939 ini, menapaki kariernya sejak akhir 1950an. Film-film yang cukup melambungkan namanya antara lain 'Richard III', 'Rasputin: Dark Servant of Destiny', serta 'Gods and Monsters'.

Namun sejak berperan sebagai Gandalf dalam trilogi 'The Lord of the Rings', namanya semakin mencuat tajam. Bahkan, trilogi 'The Hobbit' yang merupakan prekuel trilogi Lord of the Rings pun dijajakinya saat usianya kini bertambah lanjut. Selain itu, ia juga cukup dikenal saat berperan sebagai Sir Leigh Teabing dalam film adaptasi novel 'The Da Vinci Code'.

Seperti halnya Patrick Stewart, aktor asal Inggris ini juga bermain dalam trilogi film adaptasi komik X-Men. Ia bermain sebagai tokoh penjahat bernama Magneto di ketiga film yang ada. Di akhir film The Wolverine, ia muncul sebagai Magneto kembali bersama Patrick Stewart. Ia juga kembali dalam X-Men: Days of Future Past yang rilis 2014 mendatang.

Anthony Hopkins dalam Thor dan Thor: The Dark World
Aktor kelahiran 31 December 1937 ini, pertama kali terkenal melalui aktingnya sebagai tokoh antagonis Hannibal Lecter dalam 'The Silence of the Lambs' dan 'Red Dragon'.

Berperan sebagai Odin di film adaptasi komik 'Thor', Anthony Hopkins mengawali karier usia lanjutnya di era 2010an ini dengan bermain sebagai salah satu tokoh adaptasi komik. Sebagai Odin, akting Anthony bisa dibilang masih tetap gagah dan berwibawa. Ia akan bermain kembali sebagai Odin dalam sekuel Thor yang berjudul 'Thor: The Dark World'.

Jeff Bridges dalam R.I.P.D
Terlahir sejak 4 Desember 1949, Jeff Bridges mulai meniti karier ke dunia layar lebar sejak 1950 silam. Kala itu, usianya masih 4 bulan dalam film berjudul 'The Company She Keeps'.

Ia pun mulai masuk ke dalam nominasi serta memenangkan berbagai penghargaan dalam beberapa film seperti 'The Last Picture Show', 'Starman', 'The Fisher King', 'The Contender', 'The Big Lebowski', 'Sea Biscuit', 'Crazy Heart', hingga 'True Grit'.

Pada 2008 silam, ia sempat bermain dalam film adaptasi komik 'Iron Man' sebagai Obadiah Stane. Lalu di tahun ini, Jeff Bridges akan muncul kembali di film adaptasi komik terbitan Dark Horse yang berjudul 'R.I.P.D.' Ia berperan sebagai Roy Pulsipher, salah seorang petugas pemburu roh jahat.(Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini