Sukses

Aktor Kakek Squid Game O Yeong Su Didakwa Atas Kasus Pelecehan

Liputan6.com, Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari dunia drama Korea. O Yeong Su, aktor pemeran Oh Il Nam alias kakek peserta nomor 001 di serial Squid Game yang rilis di Netflix, didakwa atas tindakan pelecehan seksual. Pihak Pengadilan Korea Selatan telah mengonfirmasi kabar ini.

Disampaikan Soompi, Jumat (25/11/2022) dakwaan kepada O Yeong Su dilayangkan secara langsung oleh Kantor Kejaksaan Seongnam. Ini merupakan buntut dari tindakan sang aktor 78 tahun terhadap seorang wanita pada 2017 silam.

Dilaporkan juga oleh Korea JoongAng Daily, sehari sebelumnya, Kamis (24/11/2022) O Yeong Su sudah didakwa tanpa penahanan. Korban pelecehan sebenarnya sudah mengadukan tindakan O Yeong Su pada Desember 2021 silam.

Namun Dokumen hasil penyelidikan baru diserahkan kepada otoritas yang lebih tinggi pada Februari 2022 lalu. Bahkan pada April 2022 lalu polisi sempat menghentikan kasus ini setelah memeriksa saksi atas permintaan kejaksaan untuk dilakukan penyidikan tambahan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Korban Ajukan Banding

Keputusan kepolisian tersebut membuat korban mengajukan banding hingga akhirnya kejaksaan mengambil alih kasus ini. O Yeong Su sendiri sempat membantah tuduhan yang dilayangkan kepadanya.

Disampaikan JTBC, sang aktor mengaku bahwa pada 2017 lalu ia hanya memegang tangan korban untuk menunjukkan jalan di salah satu danau.

"Saya hanya memegang tangannya untuk menuntunnya berjalan mengitari danau. Saya sudah meminta maaf karena ia mengatakan tidak akan mempermasalahkan hal itu, tetapi bukan berarti saya mengakui tuduhan itu," ujar Yeong Su.

 

3 dari 4 halaman

Temukan Bukti

Namun pada akhirnya, pihak kejaksaan menemukan bukti tambahan yang menguatkan tuduhan pelecehan terhadap O Yeong Su.

Alhasil, kasus yang menimpa O Yeong Su pun berlanjut ke pengadilan hingga akhirnya sang aktor didakwa atas tindak pelecehan seksual.

 

4 dari 4 halaman

Sekilas O Yeong Su

Aktor O Yeong Su yang lahir dengan nama O Se Kang, sebenarnya sempat membuat bangga para warga Korea Selatan serta para pecinta drama Korea seluruh dunia dengan memenangkan piala Golden Globe Awards 2022 kategori Best Supporting Actor - Series, Miniseries or Television Film untuk Squid Game.

Sebelumnya, ia dikenal sebagai aktor teater dan televisi yang baru tampil di tiga film. Masa lalu O Yeong Su sebenarnya cukup menyedihkan. Ayahnya tewas di tangan tentara Korea Utara dan adiknya diculik selama Perang Saudara di Korea yang terjadi pada 1950 hingga 1953.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.