Sukses

Penuh Kemeriahan! TikTok Kembali Gelar Festival #SerunyaBelajar

Festival #SerunyaBelajar upaya TikTok untuk membuat kegiatan belajar jadi lebih menyenangkan sekaligus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anak muda.

Liputan6.com, Jakarta Setelah sukses meluncurkan kampanye #SerunyaBelajar Ada di TikTok pada bulan Juni lalu, ragam konten edukasi yang hadir di TikTok pun kian meningkat. Komunitas dan pengguna TikTok tidak hanya datang untuk belajar hal baru, namun juga melengkapi keterampilan mereka melalui ragam konten yang dihadirkan oleh para kreator secara kreatif di TikTok.

Mulai dari art, fashion, beauty, food, fun facts, trivia, DIY, hingga daily hacks, semua bisa menemukan #SerunyaBelajar di TikTok. Minat pengguna terhadap konten edukasi pun terlihat jelas dari tagar #SerunyaBelajar yang berhasil mengumpulkan lebih dari 16 miliar views.

Melihat antusiasme dan semangat belajar komunitas dan pengguna di Indonesia, TikTok kembali menyelenggarakan kampanye edukasi serupa yang bertajuk #SerunyaBelajar sejak 24 Oktober lalu. TikTok kemudian menutup rangkaian kampanye edukasi terbesar ini melalui Festival #SerunyaBelajar yang digelar di Senayan City The Hall 8th Floor, Sabtu (19/11/2022).

Festival #SerunyaBelajar merupakan upaya TikTok untuk membuat kegiatan belajar jadi lebih menyenangkan sekaligus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anak muda. Festival ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seru dan bermanfaat, termasuk pelatihan bootcamp untuk mengembangkan skill para kreator. 

Selain itu, melalui Festival #SerunyaBelajar, TikTok ingin menyemarakkan kegiatan edukatif dengan partisipasi aktif dari ekosistem platform video pendek tersebut.

"Festival #SerunyaBelajar ini merupakan kegiatan puncak dari rangkaian kampanye TikTok. Kita ingin menguatkan ekosistem TikTok untuk menghasilkan konten yang edukatif, seru, dan menghibur untuk masyarakat Indonesia," tutur Kevin Chandra Education & Lifestyle Creators Partnership Lead, TikTok Indonesia.

"Kegiatan ini merupakan festival belajar terbesar di TikTok. Di sini, kita ingin merayakan kreativitas para kreator TikTok agar mereka bisa meningkatkan kualitas konten edukasinya di TikTok," jelasnya.

Dalam Festival #SerunyaBelajar, para konten kreator juga bisa mengikuti berbagai rangkaian kegiatan, mulai dari sharing session yang akan dipandu oleh seorang yang profesional, experience booth, games, hingga penampilan musik dari berbagai musisi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hadirkan Berbagai Keseruan

Berbeda dengan sebelumnya, Festival #SerunyaBelajar kali ini menghadirkan berbagai kegiatan edukatif dan seru untuk mendukung anak muda dalam menghasilkan karya kreatif dan positif. Ada berbagai kegiatan yang dihadirkan TikTok dalam festival ini. 

Mulai dari kelas memasak oleh Bittersweet by Najla yang diikuti oleh lebih dari 50 peserta. Lalu, ada juga kelas make-up oleh Emina dan kelas melukis oleh Moja Museum. Ada pula sharing session juga akan diisi oleh diskusi dari platform streaming VIU dan MD Entertainment, hingga kegiatan bootcamp atau pelatihan untuk 100 kreator terpilih bersama top kreator TikTok, yakni Vina Muliana (@vmuliana), Natasha Surya (@natasha.surya), Sonia Basil (@soniabasill), Yogi Hadi Wibowo (@Bobocu.id), dan Naila (@nailamcdd).

Menurut salah satu konten kreator lulusan Universitas Indonesia jurusan psikologi, Haydira Prili Ananza (@ananzaprili), melalui festival ini, TikTok mampu memberikan fasilitas kepada konten kreator untuk meningkatkan kualitas konten yang dibuatnya.

"Platform TikTok bisa memfasilitasi kreator untuk terus menciptakan konten yang edukatif, seru, dan menghibur. TikTok juga bisa memberikan kesempatan untuk para kreator berkembang melalui konten yang dibuatnya," tutur Ananza.

Kegiatan belajar di Festival #SerunyaBelajar pun jadi semakin seru dan ceria dengan penampilan musik spesial yang menghadirkan para musisi papan atas seperti eperti HIVI!, Danilla, Mikha Tambayong serta Putih Abu-Abu!

3 dari 3 halaman

Ciptakan Konten Edukatif

Lewat Nota Kesepahaman yang ditandatangani pada peluncuran kampanye #SerunyaBelajar pada bulan Oktober lalu,  TikTok bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) ingin mendukung dan memberdayakan para kreator untuk terus membuat konten-konten yang edukatif nan inspiratif melalui kampanye #SerunyaBelajar.

Kampanye #SerunyaBelajar kali ini juga mengangkat semangat sumpah pemuda sebagai agen perubahan dan pendongkrak sektor kreatif Indonesia yang berani untuk mencoba dan belajar hal-hal baru dengan cara kreatifnya masing-masing.

Lebih lanjut, kampanye ini dilaksanakan di sepanjang bulan Oktober hingga November dengan beragam rangkaian kegiatan dengan tujuan untuk meningkatkan semangat belajar milik generasi muda di Indonesia mengenai topik apa pun dan di mana pun.

Mulai dari Kompetisi #SerunyaBelajar yang di dalamnya terdapat hashtag challenge dan dapat diikuti pengguna TikTok berusia 18 tahun untuk berbagi konten edukasi, termasuk edukasi terkait makanan, kecantikan, fesyen, olahraga, game dan lainnya. 

Ada pula sesi TikTok LIVE yang merupakan sesi diskusi bersama para pakar, acara memasak, hingga diskusi terkait fesyen dan kecantikan dari kreator TikTok, yang kemudian ditutup dengan kegiatan Festival #SerunyaBelajar untuk merayakan kreativitas komunitas TikTok, khususnya kreator yang telah berbagi konten edukasi di dalam platform

"Melalui kampanye #SerunyaBelajar, kami percaya bahwa proses belajar dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan, baik itu  belajar hal akademik maupun non-akademik, semua bisa belajar bersama TikTok," kata Kevin.

Nah, jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang keseruan Festival #SerunyaBelajar, kalian bisa cek tagar #SerunyaBelajar di TikTok ya!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini