Sukses

Serial Wonder Man Besutan Marvel Dibintangi Yahya Abdul-Mateen II, Fans Sayangkan Adanya Pergantian Ras

Aktor film Aquaman yang memerankan Black Manta, Yahya Abdul-Mateen II, ditunjuk sebagai karakter utama Wonder Man, Simon Williams.

Liputan6.com, Jakarta Marvel Studios dalam waktu dekat akan merilis serial barunya yang berjudul Wonder Man. Namun secara mengejutkan, aktor film Aquaman yang memerankan Black Manta, Yahya Abdul-Mateen II, ditunjuk sebagai karakter utama Wonder Man, Simon Williams.

Melansir fandomwire, belum lama ini, Wonder man akan menjadi serial baru Marvel Studios yang dirilis di platform Disney+. Serial ini dikepalai oleh produser Hawkeye, Andrew Guest dan sutradara Shang-Chi, Destin Daniel Cretton.

Selain Yahya Abdul-Mateen II, serial ini akan melibatkan kembali aktor kawakan Ben Kingsley sebagai karakter Mandarin palsu bernama Trevor Slattery yang muncul dalam film Iron Man 3 dan Shang-Chi. Nama pemain lain dan jadwal rilis serial ini masih tertutup rapat.

Namun satu hal yang tak kalah mengejutkan adalah reaksi para penggemar komik Marvel setelah mengetahui Yahya Abdul-Mateen II akan memerankan karakter Simon Williams di serial Wonder Man. Banyak yang tak terima dengan perubahan ras karakter ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kekecewaan Fans

Beragam luapan isi hati fans atas kekecewaan terhadap Marvel Studios, beredar di media sosial termasuk Twitter. Di situ, banyak yang menyayangkan kharisma Simon Williams sebagai karakter kulit putih diperankan aktor Afro Amerika.

Bahkan beberapa warganet yang tampaknya juga berkulit hitam seperti halnya Yahya Abdul-Mateen II itu, mengkritisi Marvel karena tak menggandeng sang aktor untuk memerankan karakter kulit hitam saja ketimbang harus mengubah ras satu karakter.

 

3 dari 4 halaman

Luapan Isi Hati Penggemar

"Aku cuma ingin melihat karakterisasi asli 616 dari Wonder Man. Orang-orang munafik berpendapat bahwa itu adalah MCU dan itu tidak dimaksudkan untuk menjadi sama. Namun banyak pahlawan super di MCU terlihat seperti rekan 616 asli mereka. TIDAK ada alasan untuk mengganti ras Simon Williams," tulis @Magnetic__Eye.

"Wonder Man berkulit putih…. Apakah mereka berencana membuatnya berhadapan dengan karakter kulit putih karena mereka benar-benar tidak perlu mengganti Wonder Man ketika ada begitu banyak Avengers lain yang bisa dia mainkan," ungkap @blvck_1ne.

"Pertukaran ras merupakan hal buruk untuk karakter yang benar-benar kulit hitam, bukan untuk karakter ini. Sementara mereka "menghitamkan" Wonder Man, mereka juga menghitamkan Thunderball tanpa alasan. Dan pemilihan peran ini menyia-nyiakan aktor hebat yang bisa melakukan karakter kulit hitam yang sebenarnya," tulis @AnthonyL1148.

 

4 dari 4 halaman

Sekilas Yahya Abdul-Mateen II dan Wonder Man

Dalam serial Wonder Man, Simon Williams yang diperankan Yahya Abdul-Mateen II merupakan karakter karya Stan Lee, Don Heck, dan Jack Kirby yang dipublikasikan pada tahun 1964.

Biarpun tak sepopuler karakter superhero lainnya, Wonder Man yang berawal dari karakter antagonis, akhirnya menjadi salah satu anggota penting sekaligus terkuat di tim Avengers. Simon Williams juga mendirikan West Coast Avengers dan meniti karier sebagai seorang aktor sekaliguss stuntman.

Sementara itu Yahya Abdul-Mateen II selain di Aquaman, ia juga dikenal sebagai Dr. Manhattan di serial Watchmen HBO. Film-film yang pernah diperankannya antara lain adalah Candyman, The Matrix Resurrection, dan Ambulance.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.