Sukses

Mantan Napi Diajak Bikin Konten Kreatif dengan Ponsel, Usung Misi Hapus Stigma Negatif di Masyarakat

Stigma negatif yang melekat pada mantan narapidana hingga kini masih banyak terlihat di kalangan masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Vision+ dan MNC Peduli bekerjasama dengan Yayasan Anugerah Insan Residivist Bandung, mengajak para anggota yang terdiri dari mantan narapidana untuk mengikuti kegiatan CSR yang bertajuk “Content Creation 101: Maximize Your Smartphone”.

Didirikan oleh Heri Coet, Yayasan Anugerah Insan Residivist membantu komunitas mantan napi atau residivis yang kesulitan mencari pekerjaan. Di sana, mereka menjalankan dan mengurus berbagai bentuk bisnis mulai dari minimarket hingga bengkel.

Diisi oleh Gianluigi Christoikov selaku produser Vision+ originals 12 Hari, dan Cameo Project, Vision+ mengajarkan para residivis untuk membuat konten yang dihasilkan dari smartphone.

"Nantinya proses pembuatan konten diharapkan dapat menunjang kehidupan mereka (mantan napi)," kata Managing Director Vision+ Clarissa Tanoesoedibjo melalui keterangan tertulis, Senin, 31 Oktober 2022.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perspektif Lain

Selain menunjang kehidupan, Clarissa mengatakan, proses pelatihan membuat konten kreatif terhadap mantan napi sekaligus menyebarkan perspektif baru tentang aktifitas mereka.

"Dan memanfaatkan konten tersebut untuk menyebarkan perspektif lain kepada masyarakat tentang kehidupan mantan napi serta mengurangi stigma negatif yang ada," Clarissa membeberkan.

 

3 dari 4 halaman

Original Series 12 Hari

Hal ini sejalan dengan kisah Vision+ originals series 12 Hari yang membahas kehidupan mantan napi yang penuh ketidakadilan meski telah keluar dari penjara.

Sebagai produser, Gianluigi Christoikov juga mengungkapkan bahwa kisah yang ada dalam 12 Hari banyak terjadi dalam realita kehidupan residivis.

 

4 dari 4 halaman

Aksi Nyata

Terkait kegiatan CSR tersebut, Clarissa mengatakan, “Selain memberikan hiburan yang menarik melalui original series kami, Vision+ juga ingin memberikan aksi nyata untuk turut andil dalam mengatasi isu stigma negatif terhadap mantan narapidana di masyakarat,"

"Seperti yang ada dalam kisah original series 12 Hari. Kami berharap, para residivist bisa mempelajari berbagai cara kreatif untuk menjadi seorang content creator yang baik, dan dapat memberikan dampak yang besar bagi orang-orang di sekitarnya.”

12 Hari sendiri kini sudah tayang dengan total 12 episode yang bisa disaksikan secara eksklusif di Vision+. Episode 1 dan 2 bisa disaksikan secara gratis, dan episode-episode selanjutnya bisa disaksikan dengan berlangganan Vision+.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.