Sukses

Paguyuban Swara Mahardhika Gelar Acara Bangkit Pemuda Indonesia di Sarinah

Acara yang digelar di Anjungan Sarinah Indonesia pada 29 Oktober ini, berhasil mengumpulkan ratusan penonton

Liputan6.com, Jakarta - Memperingati Hari Sumpah Pemuda, Paguyuban Swara Mahardhika menggelar pertunjukan budaya berupa tari, musik dan fashion show di Anjungan Sarinah Indonesia, Jakarta Pusat, pada 29 Oktober 2022.

Acara tersebut diberi judul Bangkit Pemuda Indonesia dan dihadiri oleh ratusan penonton yang antusias sejak pukul 16.00 WIB. Tampak dalam barisan penonton, Guntur Soekarnoputra dan isteri, Heni Guntur, juga Guruh Soekarno Putra, pendiri Swara Mahardhika sejak tahun 1977.

Sebelum acara dimulai, puluhan penonton lainnya mendadak muncul berdiri di bagian trotoar jalan depan Sarinah. Panggung serta merta punya dua sisi penonton, di depan dan di belakang para penampil.

"Acara dibuka dengan Pasukan Pengibar Bendera Panorama dari SMKN 9 Banten, dilanjutkan dengan fashion show Benny Ardianto, Aie Syarif 1965, yang dibawakan peragawan dan peragawati Swara Mahardhika," kata Ati Ganda, ketua panitia kegiatan Sumpah Pemuda dari Studio 26 Artlink, di lokasi acara.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sanggar Kembalikan Baliku

Ati Ganda menambahkan, tari-tarian juga ditampilkan dalam acara yang didedikasikan untuk memperingati hari Sumpah Pemuda ini.

"Kemudian ada Tari Saman dari SMA Lab School Cibubur, penampilan Sanggar Kembalikan Baliku pimpinan Sandriya Kamerun yang merupakan cucu dari Guntur Sukarno, juga tampilan penyanyi Alisha dan Sasha," katanya lagi.

 

 

3 dari 4 halaman

Rangkaian Acara Peringatan Swara Mahardhika ke-45 Tahun

Selain untuk memperingati Sumpah Pemuda, acara ini juga digagas sebagai rangkaian peringatan ulang tahun Swara Mahardhika ke 45 tahun.

“Ini semacam puncak peringatan ultah paguyuban Swara Mahardhika. Sebelum ini, kami sudah mengelar acara kegiatan sosial ke panti asuhan, panti jompo dan lain-lain. Kami sengaja mengundang para pelajar ikut ambil bagian hari ini, sebagai bentuk regenerasi dari Swara Mahardhika,” ungkap Ati Ganda

 

4 dari 4 halaman

Nasionalisme Kokoh

Paguyuban Swara Mahardhika, menurut Ati Ganda, terdiri dari para anggota dari angkatan pertama hingga XII, yang masih aktif melakukan serangkaian kegiatan sosial dan pelestarian budaya.

“Kami ingin menunjukkan Paguyuban Swara Mahardhika masih aktif dan selalu berupaya melakukan kerja kreatif yang maksimal. Kami tidak mencari uang untuk kegiatan ini, kami mencari pertemanan dan menjalin persahabatan serta silaturahim sesama anggota,” ungkap Ati Ganda lagi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.